syahfitri, widya (2016) HUBUNGAN ETOS KERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI SE-KECAMATAN SUNGGAL T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111099 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 1123111099 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
3. NIM. 1123111099 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
4. NIM. 1123111099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
5. NIM. 1123111099 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 1123111099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1123111099 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1123111099 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 1123111099 BAB I.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
13. NIM. 1123111099 BAB V.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
14. NIM. 1123111099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah adakah hubungan etos kerja guru dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan etos kerja guru dengan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri Se-Kecamatan Sunggal.
Etos kerja guru menurut Sinamo (2010:1) adalah semangat, pola pikir, dan mentalitas yang mewujud menjadi seperangkat perilaku kerja yang khas dan berkualitas. Hasil belajar siswa menurut Asep (2012:15) adalah perubahan tingkah laku siswa secara nyata setelah dilakukan proses belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Se-Kecamatan Sunggal dengan sampel sebanyak 20 orang guru kelas VI. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel etos kerja guru (X) dan studi dokumentasi berupa nilai UN untuk variabel hasil belajar siswa (Y). Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran etos kerja guru pada kriteria cukup (mean = 147,7) dan hasil belajar siswa juga berada pada kriteria cukup (mean = 83,75). Hasil analisis korelasi antara etos kerja guru dengan hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,596. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan r_tabel ɑ = 0,05 (0,444) maka korelasi cukup signifikan. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai 3,1480 dan dengan membandingkan kepada nilai t_tabel ɑ = 0,05 (2,1009) maka hipotesis dapat diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara etos kerja guru dengan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi etos kerja guru, maka semakin tinggi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 050 |
Keywords: | Etos Kerja Guru ; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 08:03 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6170 |