Lubis, Rizka Syafrina Aulia (2024) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENILAIAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226118005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Cover.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 8226118005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (602kB)
![[thumbnail of 8226118005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Kata_Pengantar.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 8226118005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Abstrak.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 8226118005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 8226118005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Daftar_Tabel.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 8226118005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 8226118005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Daftar_Gambar.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 8226118005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_BAB_I.pdf
Download (542kB)
![[thumbnail of 8226118005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_BAB_V.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 8226118005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226118005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (311kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam penilaian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (contex, Input, Poses dan Produk). Sampel penelitian terdiri dari 6 kepala sekolah, 6 wakil kepala sekolah, dan 6 guru PJOK dari 6 sekolah penggerak jenjang SMP di Kabupaten Batubara yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka selama dua tahun ajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi untuk memastikan validitas dan reliabilitas temuan. Pada aspek Context, dengan 80% Kurikulum Merdeka dianggap relevan dengan kebutuhan dan perkembangan Pendidikan. Pada aspek Input, dengan 89% ditemukan bahwa sumber daya manusia dan fasilitas pendukung. Pada aspek Process, 84% proses pembelajaran PJOK telah mulai mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam perencanan dan pelaksanaan penilaian. Pada aspek Product, 97% Implementasi Kurikulum Merdeka dalam penilaian PJOK menunjukkan peningkatan kompetensi siswa walaupun ada beberapa kegiatan yang belum berjalan dalam melaksanakan kurikulum merdeka. Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya tantangan dalam implementasi kurikulum baru ini, termasuk pemahaman yang berbeda terkait penilaian, kurangnya pelatihan bagi guru terhadap pendidikan jasmani sekolah secara umum telah menunjukkan kesiapan yang baik dalam mengadopsi Kurikulum Merdeka, dengan dukungan yang kuat dari pihak manajemen dan sumber daya yang tersedia. walaupun ada beberapa kegiatan yang belum berjalan dalam melaksanakan kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.072 Lub e |
Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka dalam penilaian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (contex, Input, Poses dan Produk). Sampel penelitian terdiri dari 6 kepala sekolah, 6 wakil kepala sekolah, dan 6 guru PJOK dari 6 sekolah penggerak jenjang SMP di Kabupaten Batubara yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka selama dua tahun ajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi untuk memastikan validitas dan reliabilitas temuan. Pada aspek Context, dengan 80% Kurikulum Merdeka dianggap relevan dengan kebutuhan dan perkembangan Pendidikan. Pada aspek Input, dengan 89% ditemukan bahwa sumber daya manusia dan fasilitas pendukung. Pada aspek Process, 84% proses pembelajaran PJOK telah mulai mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam perencanan dan pelaksanaan penilaian. Pada aspek Product, 97% Implementasi Kurikulum Merdeka dalam penilaian PJOK menunjukkan peningkatan kompetensi siswa walaupun ada beberapa kegiatan yang belum berjalan dalam melaksanakan kurikulum merdeka. Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya tantangan dalam implementasi kurikulum baru ini, termasuk pemahaman yang berbeda terkait penilaian, kurangnya pelatihan bagi guru terhadap pendidikan jasmani sekolah secara umum telah menunjukkan kesiapan yang baik dalam mengadopsi Kurikulum Merdeka, dengan dukungan yang kuat dari pihak manajemen dan sumber daya yang tersedia. walaupun ada beberapa kegiatan yang belum berjalan dalam melaksanakan kurikulum merdeka. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:06 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 10:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61690 |