Lubis., Iqlima Zora (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 053984 HINAI KANAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1121111007 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 1121111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (945kB) | Preview
3. NIM. 1121111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1121111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 1121111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 1121111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 1121111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1121111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 1121111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
13. NIM. 1121111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 1121111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 053984 Hinai Kanan sebanyak 25 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, disetiap siklus terdapat 2 pertemuan. Ada 4 tahapan dalam penelitian ini yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan tindakan, dan tahap refleksi tindakan.
Setelah pelaksanaan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 17,5 dan meningkat pada pertemuan 2 mencapai 19,44. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 21,32 dan pertemuan 2 meningkat hingga 29,08. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa secara klasikal dapat dilihat pada siklus I pertemuan 1 mencapai 12% dan meningkat pada pertemuan 2 mencapai 40%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 56% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 100%. Kemudian, pada hasil observasi aktivitas guru mulai Siklus I pertemuan 1 diperoleh persentase 56,81% dan pertemuan 2 mencapai 63,63%. Siklus II pertemuan 1 meningkat hingga 79,54% dan pertemuan 2 mencapai 86,36%.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 053984 Hinai Kanan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 032 |
Keywords: | Aktivitas Belajar Siswa; Model Pembelajaran Cooperative Tipe |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 07:59 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6169 |