UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 053984 HINAI KANAN.

Lubis., Iqlima Zora (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 053984 HINAI KANAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1121111007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1121111007 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1121111007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1121111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (945kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1121111007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1121111007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1121111007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1121111007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1121111007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1121111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1121111007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1121111007 TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1121111007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1121111007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1121111007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1121111007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1121111007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1121111007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1121111007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1121111007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1121111007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1121111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 053984 Hinai Kanan sebanyak 25 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, disetiap siklus terdapat 2 pertemuan. Ada 4 tahapan dalam penelitian ini yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan tindakan, dan tahap refleksi tindakan.
Setelah pelaksanaan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 17,5 dan meningkat pada pertemuan 2 mencapai 19,44. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 21,32 dan pertemuan 2 meningkat hingga 29,08. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa secara klasikal dapat dilihat pada siklus I pertemuan 1 mencapai 12% dan meningkat pada pertemuan 2 mencapai 40%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 56% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 100%. Kemudian, pada hasil observasi aktivitas guru mulai Siklus I pertemuan 1 diperoleh persentase 56,81% dan pertemuan 2 mencapai 63,63%. Siklus II pertemuan 1 meningkat hingga 79,54% dan pertemuan 2 mencapai 86,36%.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 053984 Hinai Kanan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi Mengidentifikasi Unsur-Unsur Cerpen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 032
Keywords: Aktivitas Belajar Siswa; Model Pembelajaran Cooperative Tipe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 07:59
Last Modified: 19 Jul 2016 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item
View Item