Damanik, Tri Uji Agustina (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 060843 KECAMATAN MEDAN BARAT T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1123311081 COVER.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
NIM 1123311081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
NIM 1123311081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
NIM 1123311081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
NIM 1123311081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
NIM 1123311081 TABLES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
NIM 1123311081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
NIM 1123311081 GRAFICS.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
NIM 1123311081 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
NIM 1123311081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
NIM 1123311081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM 1123311081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS, guru hanya menggunakan model ataupun metode pembelajaran ceramah yang memusatkan kegiatan hanya pada guru sehingga siswa bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi masalah sosial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060843 Kecamatan Medan Barat yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Adapun prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dimana siklus I terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, dimana siklus II lebih memfokuskan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif.
Setelah dilaksanakan tes awal diperoleh nilai rata-rata kemampuan awal siswa sebesar 47,88, yang terdiri dari 5 orang siswa tuntas dengan persentase 17,86% dan 23 orang siswa tidak tuntas dengan persentase 82,14%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,49, yang terdiri dari 10 orang siswa tuntas dengan persentase 35,71% dan 18 orang siswa tidak tuntas dengan persentase 64,29%. Hal ini membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal karena masih dibawah 85,00%. Oleh karena itu, dilakukan tindakan pada siklus II dengan lebih memfokuskan penggunana model pembelajaran mind mapping terhadap 28 orang siswa. Pada tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 90,25, dengan 27 orang siswa tuntas (96,43%) dan 1 orang siswa tidak tuntas (3,57%). Pelaksanaan tindakan pada siklus II sudah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal di atas 85,00%. Hasil observasi siswa pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 62,50 dengan kriteria kurang. Hasil observasi guru sebesar 75,00 dengan kriteria cukup. Pada siklus II, hasil observasi siswa diperoleh nilai rata-rata 92,85 dengan kriteria sangat baik. hasil observasi guru sebesar 90,79 dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060843 Kecamatan Medan Barat T.A 2015/2016 pada pelajaran IPS materi masalah sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 031 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Mind Mapping; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 07:48 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6167 |