Ningsih, Putri Surya (2024) PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GLB DAN GLBB DI KELAS XI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121037_Cover.pdf
Download (41kB)
4203121037_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (652kB)
4203121037_Abstrak.pdf
Download (285kB)
4203121037_Kata_Pengantar.pdf
Download (192kB)
4203121037_Daftar_Isi.pdf
Download (436kB)
4203121037_Daftar_Gambar.pdf
Download (139kB)
4203121037_Daftar_Tabel.pdf
Download (242kB)
4203121037_Daftar_Lampiran.pdf
Download (142kB)
4203121037_BAB_I.pdf
Download (425kB)
4203121037_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (361kB)
4203121037_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
4203121037_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (408kB)
4203121037_BAB_V.pdf
Download (165kB)
4203121037_Daftar_Pustaka.pdf
Download (447kB)
4203121037_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh model inquiry learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model inquiry learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi GLB dan GLBB di kelas XI MAN Binjai Tahun 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Binjai yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan XI-5 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay sebanyak 4 soal yang terlebih dahulu divalidasi untuk kedua kelas sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan α=0,05 dan uji N-gain. Hasil data pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 24,30 dan 80,70. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perbedaan keterampilan berpikir kritis secara signifikan dengan menerapkan model inquiry learning pada materi GLB dan GLBB. Penerapan model inquiry learning memberi peningkatan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan model inquiry learning pada aspek interpretasi, evaluasi, analisis dan inferensi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Inquiry learning; Berpikir kritis; Gerak lurus |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 21 Mar 2025 02:12 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 04:42 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61668 |
