Harmon (2024) PENGARUH PENGEMBANGAN MODUL AJAR INOVATIF BERBASIS GUIDED INQUIRY DAN MOTIVASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS LITERACY SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226141005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Cover.pdf
Download (541kB)
![[thumbnail of 8226141005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226141005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Kata_Pengantar.pdf
Download (558kB)
![[thumbnail of 8226141005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Abstrak.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 8226141005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Daftar_Isi.pdf
Download (544kB)
![[thumbnail of 8226141005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Daftar_Tabel.pdf
Download (465kB)
![[thumbnail of 8226141005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226141005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Daftar_Gambar.pdf
Download (451kB)
![[thumbnail of 8226141005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226141005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_BAB_V.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 8226141005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226141005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar inovatif berbasis guided inquiry yang dapat meningkatkan kemampuan higher order thinking skills (HOTS) literacy siswa pada materi stoikiometri, melihat perbedaan pengaruh rata-rata motivasi tinggi dan rendah terhadap (HOTS) literacy, mengetahui interaksi antara modul ajar inovatif berbasis guided inquiry dan motivasi terhadap HOTS literacy serta melihat respon siswa terhadap modul yang dikembamngkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa SMA Negeri 1 Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Instrumen tes yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan uji statistik two way ANOVA. Hail penelitian diproleh bahwa modul ajar inovatif berbasis guided inquiry yang dikembangkan telah layak sesuai BSNP dengan rata-rata uji kelayakan dari ahli materi dan bahan ajar sebesar 3,63 dalam skala 4,00. Hasil uji two way ANOVA modul ajar yang diterapkan memberikan pengaruh terhadap kemampuan HOTS literacy siswa yang ditunjukan oleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 9,179 > 3,15 pada signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Tingkat motivasi belajar memberikan pengaruh dengan nilai hitung Fhitung > Ftabel yaitu 8,993 > 3,15 pada signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Respon siswa terhadap penggunaan modul ajar sangat baik dengan nilai rata-rata presentase jawaban siswa sebesar 91%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:48 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61650 |