PENGEMBANGAN ELEKTRONIC BOOK BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PANCASILA PADA PELAJARAN PPKN KELAS V SDN 101786 HELVETIA

Efendi, Umri Rahman (2024) PENGEMBANGAN ELEKTRONIC BOOK BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PANCASILA PADA PELAJARAN PPKN KELAS V SDN 101786 HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182003_Cover.pdf] Text
8226182003_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 8226182003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 8226182003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182003_Kata_Pengantar.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 8226182003_Abstrak.pdf] Text
8226182003_Abstrak.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 8226182003_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182003_Daftar_Isi.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8226182003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182003_Daftar_Tabel.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8226182003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8226182003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182003_Daftar_Gambar.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8226182003_BAB_I.pdf] Text
8226182003_BAB_I.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 8226182003_BAB_V.pdf] Text
8226182003_BAB_V.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 8226182003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan elektronic book berbasis proyek yang layak untuk meningkatkan literasi pancasila pada pelajaran PPKn kelas V SD; (2) Menghasilkan elektronic book berbasis proyek yang efektif untuk meningkatkan literasi Pancasila peserta didik dalam pembelajaran PPKn di kelas V SDN 101786 Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development and Research). Dengan tahapan penelitian desain instruksional berdasakan pendekatan Borg and Gall yang disederhanakan dengan 10 tahapan oleh Sukmadinata. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling, dimana kelas VA menggunakan elektronic book berbasis proyek sebagai kelas Eksperimen dan kelas VB tidak menggunakan elektronic book berbasis proyek sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan menggunakan angket untuk mengetahui pemahaan penerapan nilai-nilai Pancasila peserta didik. Validasi ahli dan uji coba peserta didik dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk. Uji-T dilakukan untuk membandingkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji N-Gain dilakukan untuk mengukur peningkatan antara pretest dan posttest kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar 96%, ahli media sebesar 96% dan ahli bahasa sebesar 91% secara keseluruhan persentase hasil penilaian ketiga ahli dikategorikan sangat layak. Selanjutnya berdasarkan uji coba luas menunjukkan repospon positif dengan nilai sebesar 80%. Hasil statistik Uji-T (2-tailed) diperoleh hasil 0,001< 0,005 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji N-Gain pada hasil belajar sebesar 66%dan pemahaman penerapan nilai Pancasila sebesar 60%. Hasil N-Gain ini masuk dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Efe p
Keywords: elektronic book, Pembelajaran berbasis proyek, Literasi Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:34
Last Modified: 24 Apr 2025 04:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61603

Actions (login required)

View Item
View Item