Innest, Maria (2024) KORELASI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH INDONESIA PADA SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA DHARMAWANGSA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3203121026_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Cover.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 3203121026_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (600kB)
![[thumbnail of 3203121026_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Abstrak.pdf
Download (91kB)
![[thumbnail of 3203121026_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Kata_Pengantar.pdf
Download (328kB)
![[thumbnail of 3203121026_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Daftar_Gambar.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of 3203121026_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Daftar_Tabel.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 3203121026_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 3203121026_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Daftar_Isi.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 3203121026_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_BAB_I.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 3203121026_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (714kB)
![[thumbnail of 3203121026_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (878kB)
![[thumbnail of 3203121026_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3203121026_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_BAB_V.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 3203121026_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3203121026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (352kB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian yang mengkaji hubungan (Korelasional) yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dari kedua variabel yaitu variabel X( Lingkungan sekolah) dan variabel Y (Motivasi belajar) pada siswa kelas XI di SMA Swasta Dharmawangsa metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 347 siswa yang meliputi seluruh kelas XI di SMA Swasta Dharmawangsa dengan sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 78 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik Probability Sampling. Alat ukur yang digunakan dalam pembuatan angket berlandaskan pada indikator-indikator per variabel. Tehnik analisis data menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Adapun hasil di dalam peneltian ini menemukan bahwa rata-rata perolehan seluruh sub indikator Lingkungan sekolah sebesar 77,14% dengan dalam kategori tinggi dengan Mean sebesar 98,69, standar devisiasi 8,08 dan Rata-rata seluruh sub indikator Motivasi Belajar sebesar 78,22% dalam kategori tinggi dengan mean sebesar 94,192, standar devisiasi sebesar 6,651
Dari hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Lingkungan sekolah (X) dan variabel Motivasi Belajar (Y) memiliki hubungan yang signifikan satu sama lain, dengan koefesien korelasi (r) sebesar 0,480 dan koefesien kontribsui Lingkungan sekolah terhadap Motivasi sebesar 23,04%.
Menurut nilai uji signifikan, Lingkungan sekolah (X) dan Motivasi Belajar (Y) lebih besar dari Thitung (5,80) > Ttabel (1,991) dengan interpretasi ketika Thitung > dari Ttabel maka dapat dikatakan bahwa Hipotesis diterima artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara Lingkungan sekolah dengan Motivasi Belajar dengan interpretasi korelasi positif dengan hubungan yang sedang atau moderat artinya semakin baik lingkungan sekolah maka motivasi belajar siswa akan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi belajar, Lingkungan sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 09:03 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61602 |