PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH IPS KELAS VIII UPT. SMP NEGERI 2 SIEMPATNEMPU HULU

Situmeang, Kaleb Hosea Fans (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH IPS KELAS VIII UPT. SMP NEGERI 2 SIEMPATNEMPU HULU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3173121019_Cover.pdf] Text
3173121019_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 3173121019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3173121019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3173121019_Abstrak.pdf] Text
3173121019_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 3173121019_Kata_Pengantar.pdf] Text
3173121019_Kata_Pengantar.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 3173121019_Daftar_Isi.pdf] Text
3173121019_Daftar_Isi.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 3173121019_Daftar_Gambar.pdf] Text
3173121019_Daftar_Gambar.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 3173121019_Daftar_Tabel.pdf] Text
3173121019_Daftar_Tabel.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 3173121019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3173121019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 3173121019_BAB_I.pdf] Text
3173121019_BAB_I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 3173121019_BAB_II.pdf] Text
3173121019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[thumbnail of 3173121019_BAB_III.pdf] Text
3173121019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[thumbnail of 3173121019_BAB_IV.pdf] Text
3173121019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3173121019_BAB_V.pdf] Text
3173121019_BAB_V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 3173121019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3173121019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 3173121019_Lampiran.pdf] Text
3173121019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran untuk pembelajaran sejarah pada mata pelajaran tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan. yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, (2) untuk mengetahui kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran dalam proses pembelajaran metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikombinasikan dengan model pengembangan Dick & Carey. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persentase kelayakan (1) penilaian dari validasi materi sebesar 4,17 dengan kriteria sangat layak, (2) penilaian dari validasi ahli media sebesar 4,58 dengan kriteria sangat layak (3) hasil penilaian dari siswa melalui angket pengguna dengan uji coba one to one mendapatkan rata rata skor 4,10 dengan kriteria sangat layak, uji coba skala kecil mendapatkan rata rata skor 4,13 dengan kriteria sangat layak dan uji coba skala besar mendapatkan rata rata skor 4,19 dengan kriteria sangat layak dan (5) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum menggunakan produk multimedia rata rata nilai hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian pre-test adalah 68,41 dan setelah menggunakan produk multimedia rata rata nilai hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian post-test adalah 80,17. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan produk media pembelajaran sebesar 13,77 atau 20,13% dengan tingkat ketuntasan sebesar 90% yang menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media, Multimedia Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:53
Last Modified: 19 Jun 2025 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61570

Actions (login required)

View Item
View Item