Situmeang, Kaleb Hosea Fans (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH IPS KELAS VIII UPT. SMP NEGERI 2 SIEMPATNEMPU HULU. Undergraduate thesis, UNIMED.
3173121019_Cover.pdf
Download (50kB)
3173121019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
3173121019_Abstrak.pdf
Download (63kB)
3173121019_Kata_Pengantar.pdf
Download (115kB)
3173121019_Daftar_Isi.pdf
Download (147kB)
3173121019_Daftar_Gambar.pdf
Download (88kB)
3173121019_Daftar_Tabel.pdf
Download (88kB)
3173121019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (87kB)
3173121019_BAB_I.pdf
Download (339kB)
3173121019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (856kB)
3173121019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (753kB)
3173121019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3173121019_BAB_V.pdf
Download (154kB)
3173121019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (62kB)
3173121019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran untuk pembelajaran sejarah pada mata pelajaran tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan. yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, (2) untuk mengetahui kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran dalam proses pembelajaran metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikombinasikan dengan model pengembangan Dick & Carey. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persentase kelayakan (1) penilaian dari validasi materi sebesar 4,17 dengan kriteria sangat layak, (2) penilaian dari validasi ahli media sebesar 4,58 dengan kriteria sangat layak (3) hasil penilaian dari siswa melalui angket pengguna dengan uji coba one to one mendapatkan rata rata skor 4,10 dengan kriteria sangat layak, uji coba skala kecil mendapatkan rata rata skor 4,13 dengan kriteria sangat layak dan uji coba skala besar mendapatkan rata rata skor 4,19 dengan kriteria sangat layak dan (5) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum menggunakan produk multimedia rata rata nilai hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian pre-test adalah 68,41 dan setelah menggunakan produk multimedia rata rata nilai hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian post-test adalah 80,17. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan produk media pembelajaran sebesar 13,77 atau 20,13% dengan tingkat ketuntasan sebesar 90% yang menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Media, Multimedia Pembelajaran |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:53 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 02:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61570 |
