PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS HOTS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA N 1 PANGARIBUAN TA. 2023/2024

Pakpahan, Juliyanti (2024) PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS HOTS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA N 1 PANGARIBUAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3203121004_Cover.pdf] Text
3203121004_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 3203121004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3203121004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3203121004_Abstrak.pdf] Text
3203121004_Abstrak.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 3203121004_Kata_Pengantar.pdf] Text
3203121004_Kata_Pengantar.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 3203121004_Daftar_Gambar.pdf] Text
3203121004_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 3203121004_Daftar_Tabel.pdf] Text
3203121004_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 3203121004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3203121004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 3203121004_Daftar_Isi.pdf] Text
3203121004_Daftar_Isi.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 3203121004_BAB_I.pdf] Text
3203121004_BAB_I.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 3203121004_BAB_II.pdf] Text
3203121004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[thumbnail of 3203121004_BAB_III.pdf] Text
3203121004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[thumbnail of 3203121004_BAB_IV.pdf] Text
3203121004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 3203121004_BAB_V.pdf] Text
3203121004_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 3203121004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3203121004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 3203121004_Lampiran.pdf] Text
3203121004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan LKPD interaktif berbasis HOTS higher order thinking skills pada pembelajaran sejarah, 2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD interaktif berbasis HOTS pada pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode ADDIE yang melalui lima tahapan penelitian yaitu tahap analisis (analyze) , desain (design) pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation) . Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli media, ahli materi dan angket respon peserta didik. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis data kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap TA 2021/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pangaribuan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi oleh ahli materi memperoleh nilai 92,96% dengan kategori sangat valid, validasi oleh ahli media memperoleh nilai 91,45% dengan kategori sangat valid. Dan hasil uji coba produk berdasarkan hasil penilaian angket respon peserta didik kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 89,82% dan kelompok besar memperoleh nilai 90,44%. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk dan respon peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif berbasis HOTS higher order thinking skills yang dikembangkan layak untuk dijadikan bahan ajar pembelajaran pada Materi Pendudukan Jepang Di Indonesia di kelas XI SMA N 1 Pangaribuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian Pengembangan, LKPD Interaktif, HOTS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:05
Last Modified: 19 Jun 2025 03:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61557

Actions (login required)

View Item
View Item