PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL SISWA DI KELAS IV SD NEGERI NO 060837 MEDAN

Ahadi, Muh (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL SISWA DI KELAS IV SD NEGERI NO 060837 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8166182032_Cover.pdf] Text
8166182032_Cover.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 8166182032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8166182032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of 8166182032_Kata_Pengantar.pdf] Text
8166182032_Kata_Pengantar.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 8166182032_Abstrak.pdf] Text
8166182032_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 8166182032_Daftar_Isi.pdf] Text
8166182032_Daftar_Isi.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 8166182032_Daftar_Tabel.pdf] Text
8166182032_Daftar_Tabel.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8166182032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8166182032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8166182032_Daftar_Gambar.pdf] Text
8166182032_Daftar_Gambar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8166182032_BAB_I.pdf] Text
8166182032_BAB_I.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 8166182032_BAB_V.pdf] Text
8166182032_BAB_V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 8166182032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8166182032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis permainan tradisional yang layak digunakan dalam pembelajaran tematik untuk siswa kelas IV SD No 060837 Medan, dan mengetahui efektifitas penggunaan bahan ajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang akan menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis permainan tradisional berdasarkan temuan uji di lapangan. Desain penelitian memilih prosedur pengembangan model ADDIE terdiri dari lima fase, yaitu (A) analysis, (D) desain, (D) development, (I) implementaion, dan (E) evoaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi oleh ahli desain tentang ukuran bahan ajar, desain sampul bahan ajar, dan desain isi bahan ajar rata-rata 88 % kategori “sangat baik”, (2) Hasil validasi oleh ahli materi tentang kelayakan bahasa diperoleh rata-rata 95,53 % dengan kategori “ sangat baik”. (3) Hasil validasi oleh ahli materi IPS persentase 84% dengan kategori “sangat baik; (4) Hasil validasi oleh ahli materi IPA persentase 85,8 dengan kriteria sangat baik. (5) Tanggapan siswa di SD Negeri No 060837 Medan terhadap bahan ajar berbasis permainan tradisional dari aspek kualitas materi pembelajaran dan secara keseluruhan pada uji coba perorangan 3 orang siswa 81,66% kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil 9 orang siswa 87,77%% kriteria sangat baik, Uji Coba Lapangan 17 orang siswa 86,21 kriteria sangat baik; dan (4) Hasil peningkatan kompetensi sosial siswa yaitu adanya peningkatan nilai-nilai kebersamaan, kejujuran, tanggung jawab, sikap lapang dada (kalau mengalami kekalahan), dorongan berpretasi, menghargai orang lain, keakraban, toleransi, aktif, kreatif, kemandirian, kepedulian terhadap lingkungan sekitar, solidaritas, sportivitas, dan taat pada aturan. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar berbasis permainan tradisional sangat layak digunakan dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD/MI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Aha p
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Permainan Tradisional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 Mar 2025 02:04
Last Modified: 23 Apr 2025 09:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61553

Actions (login required)

View Item
View Item