Nasution, Liliana Agusfrina (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) KELAS IV UPT SDN 16 TANJUNG KUBAH. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226182008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_Cover.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 8226182008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of 8226182008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_Kata_Pengantar.pdf
Download (425kB)
![[thumbnail of 8226182008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_Abstrak.pdf
Download (641kB)
![[thumbnail of 8226182008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_Daftar_Isi.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 8226182008_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_Daftar_Tabel.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of 8226182008_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 8226182008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_BAB_I.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of 8226182008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_BAB_V.pdf
Download (334kB)
![[thumbnail of 8226182008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (220kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektronik modul (emodul)
pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di kelas IV SDN 16
Tanjung Kubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari langkah-langkah atau tahapan: Analysis
(Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation
(Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pada tahap implementasi dilakukan
secara terbatas dan terbuka. Pada tahap pengembangan dihasilkan produk emodulyang
telah divalidasi oleh tiga orang validator ahli dan satu orang praktisi
lapangan. Pada tahap implementasi terbatas produk e-modul dilakukan uji
praktikalitas dan efektivitas oleh peserta didik kelas IV SDN 16 Tanjung Kubah
yang berjumlah 22 orang. E-Modul divalidasi berdasarkan aspek kelayakan
materi, kelayakan media, dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emodul
yang dikembangkan berdasarkan validator ahli materi, ahli media, dan ahli
bahasa mendapatkan skor masing - masing yaitu 88,8%, 87,9%, dan 98%
termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Sedangkan pada uji praktikalitas
mendapatkan hasil yang baik, dimana capaian ( ) adalah 3,8. Berdasarkan
tingkat keterlaksanaan pembelajaran 3 ≤ < 4 maka praktikalitas e-modul
dikatakan “Terlaksana dengan baik”. Selanjutnya pada uji efektivitas e-modul
mendapatkan hasil yang baik, dimana 100% persentase siswa memiliki
kemampuan ketuntasan klasikal saat menggunakan e-modul dalam pembelajaran,
selain itu kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat menjadi
95,45% yang terbagi atas 59,09% kategori “tinggi” dan 36,36% dalam kategori
“sedang” yang artinya peserta didik mampu dalam memecahkan masalah dalam
pembelajaran saat memanfaatkan e-modul. Sehingga e-modul yang
dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu
bahan ajar pada pendidikan pancasila berorientasi HOTS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | E-Modul; Higher Order Thinking Skill (HOTS); Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:48 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61537 |