Simamora, Novita Desnalia (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173321034_Cover.pdf
Download (183kB)
4173321034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (302kB)
4173321034_Abstrak.pdf
Download (62kB)
4173321034_Kata_Pengantar.pdf
Download (168kB)
4173321034_Daftar_Isi.pdf
Download (62kB)
4173321034_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
4173321034_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
4173321034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
4173321034_BAB_I.pdf
Download (296kB)
4173321034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
4173321034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (239kB)
4173321034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (958kB)
4173321034_BAB_V.pdf
Download (61kB)
4173321034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (90kB)
4173321034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, keefektifan dan kepraktisan modul fisika dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk kelas XI di SMA Negeri 13 Medan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan modul berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak dengan persentase validasi materi 98,06%, validasi media 97,39%, dan validasi oleh guru fisika 96,36%. Pada uji kepraktisan diperoleh presentase uji kelompok kecil 79,46% dan pada uji kelompok besar diperoleh 89,74%. Berdasarkan perhitungan N-gain. Modul berbasis pendekatan saintifik termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai 0,72. Ini menunjukkan hasil uji keefektifan modul fisika berbasis pendekatan saintifik memenuhi kriteria dan keefektifan modul dikategorikan baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pendekatan santifik; Suhu; Kalor; Modul |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 19 Mar 2025 07:39 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 06:17 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61525 |
