Arnun, Annisa (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD SWASTA ARISA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226182014_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Cover.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of 8226182014_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 8226182014_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Kata_Pengantar.pdf
Download (428kB)
![[thumbnail of 8226182014_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Abstrak.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 8226182014_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Daftar_Isi.pdf
Download (544kB)
![[thumbnail of 8226182014_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Daftar_Tabel.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of 8226182014_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of 8226182014_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Daftar_Gambar.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 8226182014_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_BAB_I.pdf
Download (352kB)
![[thumbnail of 8226182014_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_BAB_V.pdf
Download (154kB)
![[thumbnail of 8226182014_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (242kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang layak, praktis dan efektif. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Arisa Medan. Subjek penelitian ini adalah kelas V sebanyak 28 orang siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil validasi ahli materi 87,14% kriteria sangat valid, Hasil validasi ahli desain 96,21% kriteria sangat valid, Hasil validasi ahli bahasa 88,46% kriteria sangat valid. Dari hasil validasi para ahli buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan hasil respon siswa diperoleh uji coba kelompok kecil 91,25% kriteria sangat praktis, Hasil uji coba lapangan 91,29% kriteria sangat praktis, hasil respon guru sebesar 95,83% sangat praktis. Dari hasil respon siswa dan guru terbukti bahwa buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains praktis untuk digunakan; (3) Berdasarkan hasil uji coba lapangan telah diperoleh bahwa buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Swasta Arisa Medan. Hasil uji hipotesis independent sample t test diperolehan hasil uji t (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,000 Mengacu pada dasar pengambilan keputusan berarti 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, disimpulkan terdapat pengaruh buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains terhadap berpikir kritis siswa kelas V SD Swasta Arisa Medan. Peningkatan berpikir kritis siswa terlihat pada nilai N-Gain kelas eksperimen dengan skor 0,637 yang dinyatakan berkategori sedang. Hasil N-Gain kelas kontrol 0,361 kategori rendah. Artinya buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas eksperimen pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Swasta Arisa Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Arn p |
Keywords: | Buku IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains, 4-D, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 06:18 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61506 |