Syahfi, Fatimah (2016) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUKMENINGKATKANAKTIVITASBELAJAR IPA SISWAKELAS V SDN 060822 MEDAN TAHUNAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123111032_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1123111032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 1123111032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1123111032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 1123111032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1123111032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1123111032_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1123111032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 1123111032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1123111032_BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM. 1123111032_BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM. 1123111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahandalampenelitianiniadalahrendahnyaaktivitasbelajarsiswapadapelajaran IPA.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahdenganmenerapkan model Quantum Teachingdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadapelajaran IPA materipokokgaya magnet di kelas V SDN 060822 Medan TahunAjaran 2015/2016.
Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdengansubjekpenelitiansiswakelas V SD Negeri 060822 Medan yang berjumlah 22 orang siswa, terdiridari 12 siswalaki-lakidan 10 siswaperempuan. Pelaksanaanpenelitiantindakankelasdilakukandalamduasiklusyaitusiklus I dansiklus II, masing-masingsiklusterdiridaritahapperencanaan, pelaksanaan, observasidanrefleksi.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi.Observasidilakukanterhadapaktivitasbelajarsiswadanaktivitasmengajar guru sebanyakempat kali, yaitusetiappertemuandalamsiklus I dan II.
Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanaktivitasbelajarsiswa.Padakondisiawal, hanya 1 siswaatau 4.54% darijumlahsiswa yang tergolongaktif.Padasiklus I pertemuan I sebanyak 2 siswaatau 9.09% darijumlahsiswa yang tergolongaktif.Padasiklus I pertemuan II sebanyak 7 siswaatau 31.82% darijumlahsiswa yang tergolongaktif.Padasiklus II pertemuan I sebanyak 13 siswaatau 59.09% darijumlahsiswa yang tergolongaktif.Padasiklus II pertemuan II sebanyak 20 siswaatau 90.91% darijumlahsiswa yang tergolongaktif.Hasilobservasiterhadapaktivitasmengajarguru jugamengalamipeningkatan.Padasiklus I pertemuan I, nilai rata-rata aktivitasguru sebesar 76.56 danpadapertemuan II tetapberadapadaangka 76.56.Padasiklus II pertemuan I, nilai rata-rata aktivitas guru meningkatmenjadi87.5 danpadapertemuan II kembalimeningkatmenjadi 93.75.
Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapan model Quantum Teachingdapatmeningkatkanaktivitasbelajar IPA siswa di kelas V SDN 060822 Medan TahunAjaran 2015/2016. Guru disarankandapatmenerapkan model Quantum Teachingdalampembelajaran IPA untukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 005 |
Keywords: | Aktifitas Belajar; Quantum Teaching; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 03:38 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6150 |