Simarmata, Esra (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI SEJARAH PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR PERDAGANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
3203121052_Cover.pdf
Download (79kB)
3203121052_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (308kB)
3203121052_Abstrak.pdf
Download (322kB)
3203121052_Kata_Pengantar.pdf
Download (483kB)
3203121052_Daftar_Gambar.pdf
Download (418kB)
3203121052_Daftar_Tabel.pdf
Download (418kB)
3203121052_Daftar_Lampiran.pdf
Download (419kB)
3203121052_Daftar_Isi.pdf
Download (518kB)
3203121052_BAB_I.pdf
Download (253kB)
3203121052_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (955kB)
3203121052_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (522kB)
3203121052_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
3203121052_BAB_V.pdf
Download (89kB)
3203121052_Daftar_Pustaka.pdf
Download (64kB)
3203121052_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui langkah dalam pengembangan video animasi sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Perdagangan dan (2) Mengetahui kelayakan video animasi sejarah pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Perdagangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analyze Analisis), Design (Perancangan), Development Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bandar Perdagangan, dengan sampel yang diambil dari kelas XI IPS 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Alat yang dipakai untuk mengumpulkan data meliputi validasi dari ahli materi, validasi dari ahli media, serta uji coba produk kepada peserta didik. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa video animasi sejarah yang dikembangkan memperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 92,86% (kategori sangat layak), sedangkan ahli media memberikan penilaian sebesar 92,24% (kategori sangat layak). Uji coba produk pada kelompok kecil menghasilkan skor sebesar 91% (kategori sangat layak), dan pada kelompok besar memperoleh persentase 95% (kategori sangat layak). Dari hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa media video animasi sejarah yang dikembangkan sangat sesuai untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran Video Animasi, Pembelajaran Sejarah, Penelitian dan Pengembangan (R&D). |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 04:04 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 04:04 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61498 |
