TANJUNG, ZAHARA FITRIA (2024) PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LOMPAT JAUH PADA PJOK KELAS V SDN 060907 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311139_Cover.pdf
Download (65kB)
1203311139_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203311139_Abstrak.pdf
Download (63kB)
1203311139_Kata_Pengantar.pdf
Download (369kB)
1203311139_Daftar_Isi.pdf
Download (96kB)
1203311139_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
1203311139_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
1203311139_Daftar_Lampiran.pdf
Download (136kB)
1203311139_BAB_I.pdf
Download (538kB)
1203311139_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311139_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (910kB)
1203311139_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311139_BAB_V.pdf
Download (224kB)
1203311139_Daftar_Pustaka.pdf
Download (184kB)
1203311139_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar materi lompat jauh pada PJOK kelas
V SDN 060907 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen yang melibatkan 38 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik Total Sampling. Instrumen penelitian meliputi pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah intervensi. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan model PBL, sementara kelas kontrol menggunakan metode pengajaran konvensional. Uji normalitas dan homogenitas memastikan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh skor rata-rata posttest yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Penerapan model PBL meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, yang berdampak positif pada pencapaian belajar mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL) |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 08 May 2025 01:40 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 04:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61486 |
