PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LOMPAT JAUH PADA PJOK KELAS V SDN 060907 MEDAN T.A 2023/2024

TANJUNG, ZAHARA FITRIA (2024) PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LOMPAT JAUH PADA PJOK KELAS V SDN 060907 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311139_Cover.pdf] Text
1203311139_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1203311139_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311139_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311139_Abstrak.pdf] Text
1203311139_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1203311139_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311139_Kata_Pengantar.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 1203311139_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311139_Daftar_Isi.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 1203311139_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311139_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203311139_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311139_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1203311139_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311139_Daftar_Lampiran.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1203311139_BAB_I.pdf] Text
1203311139_BAB_I.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 1203311139_BAB_V.pdf] Text
1203311139_BAB_V.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1203311139_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311139_Daftar_Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar materi lompat jauh pada PJOK kelas
V SDN 060907 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen yang melibatkan 38 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik Total Sampling. Instrumen penelitian meliputi pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah intervensi. Kelas eksperimen diajarkan menggunakan model PBL, sementara kelas kontrol menggunakan metode pengajaran konvensional. Uji normalitas dan homogenitas memastikan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh skor rata-rata posttest yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Penerapan model PBL meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, yang berdampak positif pada pencapaian belajar mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 01:40
Last Modified: 08 May 2025 01:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61486

Actions (login required)

View Item
View Item