RAMBE, YULFA SYAHDINA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 19 RANTAU UTARA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311051_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Cover.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 1203311051_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (934kB)
![[thumbnail of 1203311051_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Abstrak.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of 1203311051_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Kata_Pengantar.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 1203311051_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1203311051_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1203311051_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 1203311051_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 1203311051_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_BAB_I.pdf
Download (443kB)
![[thumbnail of 1203311051_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_BAB_V.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 1203311051_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311051_Daftar_Pustaka.pdf
Download (275kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif menggunakan Canva yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 19 Rantau Utara T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Rantau Utara yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisi data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, dan media, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, serta penilaian praktikalitas dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi (dosen) memperoleh skor 52 (86,6%) dengan kriteria “Sangat Valid”, dan penilaian oleh ahli media (dosen) memperoleh skor 97 (97%) dengan kriteria “Sangat Valid”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh guru kelas IV memperoleh skor 57 (95%) dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh peserta didik kelas IV menunjukkan peningkatan dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh 54,83% dan hasil post-test memperoleh nilai 90% . Berdasarkan keefektifan penggunaan multimedia interaktif menggunakan Canva yang menggunakan N-Gain mendapatkan kriteria “Efektif” dengan persentase 80%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif menggunakan Canva yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 19 Rantau Utara T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Mutimedia Interaktif, Canva |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 08 May 2025 01:43 |
Last Modified: | 08 May 2025 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61476 |