EDWINA, YOSEPHINE (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA PADA MATERI PENGGUNAAN EJAAN KELAS IV DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111087_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Cover.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 1203111087_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (546kB)
![[thumbnail of 1203111087_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Abstrak.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 1203111087_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111087_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Daftar_Isi.pdf
Download (539kB)
![[thumbnail of 1203111087_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Daftar_Gambar.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 1203111087_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Daftar_Tabel.pdf
Download (324kB)
![[thumbnail of 1203111087_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Daftar_Lampiran.pdf
Download (284kB)
![[thumbnail of 1203111087_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_BAB_I.pdf
Download (393kB)
![[thumbnail of 1203111087_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_BAB_V.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 1203111087_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111087_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan, dan keefektifan LKPD berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva Pada Materi Penggunaan Ejaan Kelas IV Di SD Negeri 101767 Tembung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 26 siswa. Dan yang menjadi objek dalam penelitian adalah pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva. Untuk mengetahui kelayakan, dan keefektifan, maka dilakukan penilaian terhadap produk LKPD yang dikembangkan. Untuk keefektifan dinilai dari hasil tes yang dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva pada materi penggunaan ejaan di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Dari validasi ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 93,9% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli design diperoleh hasil persentase sebesar 83% dengan kategori “sangat layak” dan pada uji keefektifan dengan memberikan soal tes kepada siswa diperoleh rata-rata sebesar 81,53%. Dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva pada materi Penggunaan Ejaan kelas IV di SD Negeri 101767 Tembung sangat layak, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD, Problem Based Learning, Penggunaan Ejaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 08 May 2025 01:49 |
Last Modified: | 08 May 2025 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61469 |