PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA PADA MATERI PENGGUNAAN EJAAN KELAS IV DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG

EDWINA, YOSEPHINE (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA PADA MATERI PENGGUNAAN EJAAN KELAS IV DI SD NEGERI 101767 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111087_Cover.pdf] Text
1203111087_Cover.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 1203111087_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111087_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 1203111087_Abstrak.pdf] Text
1203111087_Abstrak.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1203111087_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111087_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111087_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111087_Daftar_Isi.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 1203111087_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111087_Daftar_Gambar.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 1203111087_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111087_Daftar_Tabel.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 1203111087_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111087_Daftar_Lampiran.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 1203111087_BAB_I.pdf] Text
1203111087_BAB_I.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 1203111087_BAB_V.pdf] Text
1203111087_BAB_V.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1203111087_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111087_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan, dan keefektifan LKPD berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva Pada Materi Penggunaan Ejaan Kelas IV Di SD Negeri 101767 Tembung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 26 siswa. Dan yang menjadi objek dalam penelitian adalah pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva. Untuk mengetahui kelayakan, dan keefektifan, maka dilakukan penilaian terhadap produk LKPD yang dikembangkan. Untuk keefektifan dinilai dari hasil tes yang dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva pada materi penggunaan ejaan di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Dari validasi ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 93,9% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli design diperoleh hasil persentase sebesar 83% dengan kategori “sangat layak” dan pada uji keefektifan dengan memberikan soal tes kepada siswa diperoleh rata-rata sebesar 81,53%. Dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan Canva pada materi Penggunaan Ejaan kelas IV di SD Negeri 101767 Tembung sangat layak, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Penggunaan Ejaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 01:49
Last Modified: 08 May 2025 01:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61469

Actions (login required)

View Item
View Item