PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 106162 MEDAN ESTATE T.A 2023/2024

Manik, Yosefin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 106162 MEDAN ESTATE T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111010_Cover.pdf] Text
1202111010_Cover.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 1202111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of 1202111010_Abstrak.pdf] Text
1202111010_Abstrak.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 1202111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 1202111010_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111010_Daftar_Isi.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 1202111010_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111010_Daftar_Gambar.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 1202111010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111010_Daftar_Tabel.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 1202111010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 1202111010_BAB_I.pdf] Text
1202111010_BAB_I.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of 1202111010_BAB_V.pdf] Text
1202111010_BAB_V.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 1202111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (597kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Pop-Up Book terhadap hasil
belajar siswa pada materi Indonesiaku Kaya Hayatinya di kelas V SD Negeri
106162 Medan Estate T.A 2023/2024. Permasalah penelitian ini adalah rendahnya
hasil belaajr siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VA dan VB sebanyak 72 siswa.
Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa uji validitas,
reabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan
menggunakan rumus uji t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata
posttest kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan Pop-Up Book sebesar 83,33 sedangkan nilai rata-rata
posttest kelas kontrol sebesar 65,13. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung >
ttabel yaitu 7,905 > 1,994. Hal ini berarti hipotesis Ha dalam penelitian ini dapat
diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaaruh model pembelajaran Problem
Based Learning berbantuan Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa materi
Indonesiaku Kaya Hayatinya di kelas V Sd Negeri 106162 Medan Estate T.A
2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Pop-Up Book, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 01:49
Last Modified: 08 May 2025 01:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61465

Actions (login required)

View Item
View Item