Manik, Yosefin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 106162 MEDAN ESTATE T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202111010_Cover.pdf
Download (463kB)
1202111010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (750kB)
1202111010_Abstrak.pdf
Download (679kB)
1202111010_Kata_Pengantar.pdf
Download (657kB)
1202111010_Daftar_Isi.pdf
Download (500kB)
1202111010_Daftar_Tabel.pdf
Download (569kB)
1202111010_Daftar_Gambar.pdf
Download (467kB)
1202111010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (569kB)
1202111010_BAB_I.pdf
Download (871kB)
1202111010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202111010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202111010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202111010_BAB_V.pdf
Download (597kB)
1202111010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (597kB)
1202111010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Pop-Up Book terhadap hasil
belajar siswa pada materi Indonesiaku Kaya Hayatinya di kelas V SD Negeri
106162 Medan Estate T.A 2023/2024. Permasalah penelitian ini adalah rendahnya
hasil belaajr siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VA dan VB sebanyak 72 siswa.
Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa uji validitas,
reabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan
menggunakan rumus uji t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata
posttest kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan Pop-Up Book sebesar 83,33 sedangkan nilai rata-rata
posttest kelas kontrol sebesar 65,13. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung >
ttabel yaitu 7,905 > 1,994. Hal ini berarti hipotesis Ha dalam penelitian ini dapat
diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaaruh model pembelajaran Problem
Based Learning berbantuan Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa materi
Indonesiaku Kaya Hayatinya di kelas V Sd Negeri 106162 Medan Estate T.A
2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem Based Learning, Pop-Up Book, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 08 May 2025 01:49 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 03:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61465 |
