PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 106161 LAUT DENDANG T. A 2023/2024

SIREGAR, YEMIMA XAVERIA MARAN (2024) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 106161 LAUT DENDANG T. A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311080_Cover.pdf] Text
1203311080_Cover.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1203311080_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311080_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 1203311080_Abstrak.pdf] Text
1203311080_Abstrak.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 1203311080_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311080_Kata_Pengantar.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 1203311080_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311080_Daftar_Isi.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1203311080_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311080_Daftar_Gambar.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 1203311080_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311080_Daftar_Tabel.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 1203311080_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311080_Daftar_Lampiran.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1203311080_BAB_I.pdf] Text
1203311080_BAB_I.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1203311080_BAB_V.pdf] Text
1203311080_BAB_V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1203311080_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311080_Daftar_Pustaka.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva Terhadap Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas IV SD Negeri 106161 Laut Dendang T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 106161 Laut Dendang yang berjumlah 42 siswa. Sampel penelitiannya adalah kelas IV-A yang berjumlah 27 siswa pada kelas eksperimen dan kelas IV-B yang berjumlah 15 siswa pada kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik uji-t (t-test) dengan menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan Lembar Kerja konvensional berbasis buku cetak. Secara statistik hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 80 dan pada kelas kontrol 48,66. Dengan demikian perbandingan rata-rata hasil belajar siswa yang berbeda adalah 80 > 48,66. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu < 0,001 < 0,005 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas IV SD Negeri 106161 Laut Dendang T.A 2023/2024. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning Berbantuan Canva ini dapat digunakan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Canva, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 02:02
Last Modified: 08 May 2025 02:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61457

Actions (login required)

View Item
View Item