PENGARUH PERUBAHAN PEMBELAJARAN DARING KE LURING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

HUTABARAT, MERRY TANIA (2024) PENGARUH PERUBAHAN PEMBELAJARAN DARING KE LURING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7193341020_Cover.pdf] Text
7193341020_Cover.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 7193341020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193341020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193341020_Abstrak.pdf] Text
7193341020_Abstrak.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of 7193341020_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193341020_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193341020_Daftar_Isi.pdf] Text
7193341020_Daftar_Isi.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of 7193341020_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193341020_Daftar_Gambar.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 7193341020_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193341020_Daftar_Tabel.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 7193341020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193341020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 7193341020_BAB_I.pdf] Text
7193341020_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7193341020_BAB_V.pdf] Text
7193341020_BAB_V.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 7193341020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193341020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perubahan
Pembelajaran Daring ke Luring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 yang
berlokasi di Jl. Budi Kemasyarakatan No.3, Pulo Brayan, Kecamatan Medan Barat,
Kota Medan.
Jenis penelitian ini adalah Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan
jumlah 108 siswa. Validasi instrumen penelitian menggunakan formulasi Product
Moment serta menggunakan Cronbach Alpha untuk menghitung uji reliabilitasnya.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa regresi linier sederhana
dengan menggunakan uji parsial (uji t) sebagai pengujian hipotesis serta
menggunakan instrumen penilaian koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis data yang ditelah dilakukan ditemukan bahwa
terdapat pengaruh perubahan pembelajaran daring ke luring terhadap motivasi
belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medam Tahun Ajaran 2022/2023 dengan
persamaan regresi linear sederhana sebagai berikut: Ŷ = 29,420 + 0,533X.
Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil perubahan
pembelajaran daring ke luring berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai
thitung > ttabel (8,815 > 1,659) dan taraf signifikan (0,00 < 0,05). Berdasarkan uji
koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,423. Artinya perubahan
pembelajaran daring ke luring memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar
sebesar 42,3% dan sisanya 57,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas
dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:13
Last Modified: 20 Mar 2025 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61451

Actions (login required)

View Item
View Item