PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 065853 MEDAN

SILABAN, VIARAWATI VALENTINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 065853 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311001_Cover.pdf] Text
1203311001_Cover.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1203311001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 1203311001_Abstrak.pdf] Text
1203311001_Abstrak.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 1203311001_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311001_Kata_Pengantar.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of 1203311001_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311001_Daftar_Isi.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 1203311001_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311001_Daftar_Gambar.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 1203311001_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311001_Daftar_Tabel.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 1203311001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 1203311001_BAB_I.pdf] Text
1203311001_BAB_I.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of 1203311001_BAB_V.pdf] Text
1203311001_BAB_V.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 1203311001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif
berbasis Macromedia Flash pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial (IPAS) di kelas IV SD Negeri 065853 Medan. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Proses pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan yang dilakukan melalui
observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. Selanjutnya, desain media
pembelajaran dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan materi
pembelajaran. Media yang dihasilkan kemudian diuji coba di kelas untuk
mendapatkan umpan balik dari pengguna. Sebelum uji coba produk dilakukan
tahap uji kelayakan, validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase penilaian
sebesar 84% dengan kriteria “Sangat Layak”, sementara validasi oleh ahli media
memperoleh nilai 83,3% dengan kriteria yang sama. Pada tahap uji praktikalitas,
hasil validasi oleh praktisi mencapai 100% dengan kategori “Sangat Praktis”, dan
angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil juga memperoleh
kriteria “Sangat Praktis”. Tahap uji efektivitas diukur melalui nilai pre-test dan
post-test peserta didik, yang menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 77,38%
pada uji coba lapangan. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis
Macromedia Flash ini terbukti layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan
pembelajaran IPAS di kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Interaktif, Macromedia Flash, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 19 May 2025 01:58
Last Modified: 19 May 2025 01:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61442

Actions (login required)

View Item
View Item