EFEKTIVITAS PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 1 SIPIRA T.A 2023/2024

NAINGGOLAN, VARNITA ARSELINA (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 1 SIPIRA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311011_Cover.pdf] Text
1203311011_Cover.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 1203311011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 1203311011_Abstrak.pdf] Text
1203311011_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1203311011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311011_Kata_Pengantar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1203311011_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311011_Daftar_Isi.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 1203311011_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311011_Daftar_Gambar.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1203311011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311011_Daftar_Tabel.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1203311011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1203311011_BAB_I.pdf] Text
1203311011_BAB_I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 1203311011_BAB_V.pdf] Text
1203311011_BAB_V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 1203311011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan ice breaking terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Sipira T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian terdiri dari (1) lembar observasi yang berkaitan dengan penerapan ice breaking (2) tes yang dilakukan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif dan dilanjutkan dengan uji N-Gain yaitu uji data efektivitas. Berdasarkan analisis data deskritif statistic rata-rata pre-test 45,16 dan nilai rata-rata pos-test 85,66. Selanjutnya, uji hipotesis melalui uji N-Gain diperoleh bahwa atau uji hipotesis dimana uji ini untuk membantu mengidentifikasi seberapa besar peningkatan yang terjadi relative terhadap skor maksimal yang dicapai sehingga datanya dapat diidentifikasikan efektivitasnya, dimana ice breaking berada dalam 76% yang dikategorikan dalam tafsiran efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan ice breaking efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 1 Sipira T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Ice breaking, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 19 May 2025 02:01
Last Modified: 19 May 2025 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61434

Actions (login required)

View Item
View Item