HASIBUAN, UZLIFATUL JANNAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SCAN BARCODE PADA TEMA 3 SUBTEMA 2 KELAS V SDN 0404 PASAR UJUNG BATU KEC. SOSA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311050_Cover.pdf
Download (138kB)
1203311050_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (760kB)
1203311050_Abstrak.pdf
Download (227kB)
1203311050_Kata_Pengantar.pdf
Download (291kB)
1203311050_Daftar_Isi.pdf
Download (176kB)
1203311050_Daftar_Tabel.pdf
Download (151kB)
1203311050_Daftar_Gambar.pdf
Download (122kB)
1203311050_Daftar_Lampiran.pdf
Download (123kB)
1203311050_BAB_I.pdf
Download (380kB)
1203311050_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311050_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311050_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
1203311050_BAB_V.pdf
Download (175kB)
1203311050_Daftar_Pustaka.pdf
Download (346kB)
1203311050_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis scan barcode yang valid, praktis, dan efektif pada tema 3 subtema 2 di kelas V SDN 0404 Pasar Ujung Batu T.A 2023/2024. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 0404 Pasar Ujung Batu yang berjumlah 34 orang. Teknik analisi data pada penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, tanggapan dan saran dari validator materi, media, dan praktisi pendidikan (guru), sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi (dosen) memperoleh skor 48 (80%) dengan kriteria “Layak”, dan penilaian oleh ahli media (dosen) memperoleh skor 74 (98,6%) dengan kriteria “Sangat Layak”. Selanjutnya penilaian kepraktisan oleh guru kelas V memperoleh skor 69 (92%) dengan kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil penilaian keefektifan oleh peserta didik kelas IV menunjukkan peningkatan dibuktikan dengan hasil pre-test memperoleh 54,7% dan hasil post-test memperoleh nilai 89,11% . Berdasarkan keefektifan penggunaan video animasi berbasis scan barcode yang menggunakan N-Gain mendapatkan kriteria “Efektif” dengan persentase 78%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa video animasi berbasis scan barcode yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 0404 Pasar Ujung Batu T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran Video Animasi, Scan Barcode |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 19 May 2025 02:07 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 02:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61432 |
