PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS DAERAHKU KEBANGGAANKUDI KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN

RAHMAYANI, ULINA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS DAERAHKU KEBANGGAANKUDI KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311016_Cover.pdf] Text
1203311016_Cover.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 1203311016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311016_Abstrak.pdf] Text
1203311016_Abstrak.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 1203311016_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311016_Kata_Pengantar.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 1203311016_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311016_Daftar_Isi.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of 1203311016_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311016_Daftar_Gambar.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 1203311016_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311016_Daftar_Tabel.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 1203311016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 1203311016_BAB_I.pdf] Text
1203311016_BAB_I.pdf

Download (875kB)
[thumbnail of 1203311016_BAB_V.pdf] Text
1203311016_BAB_V.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 1203311016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (560kB)

Abstract

Rumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana
mengembangkan media video animasi menggunakan Powtoon penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif
untuk meningkatkan hasil belajar kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode
ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : kelayakan, kepraktisan serta
keefektifan video animasi menggunakan powtoon pada mata pelajaran IPAS
Daerahku Kebanggaanku Topik A dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas
V SD. Nilai persentase dari aspek materi yang diberikan oleh validator adalah
89% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Nilai persentase dari aspek soal
yang diberikan oleh validator adalah 88% dengan kategori kelayakan “Sangat
Layak”. Nilai persentase dari aspek media yang diberikan oleh validator adalah
96% dengan kriteria kelayakan “ Sangat Layak”. Nilai persentase dari aspek
kepraktisan yang diberikan oleh validator adalah 92% dengan kriteria kelayakan
“Sangat Praktis”. Dari hasil perbandingan rata-rata pre-test dan post-test,
ditemukan bahwa terdapat nilai 84% dengan kriteria kepraktisan “ Sangat
Efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media, Powtoon, Mata Pelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 19 May 2025 03:34
Last Modified: 19 May 2025 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61425

Actions (login required)

View Item
View Item