ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH SAMBIREJO TAHUN AJARAN 2023/2024

HIDAYATI, TRI ELVIA (2024) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH SAMBIREJO TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1183111088_Cover.pdf] Text
1183111088_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1183111088_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183111088_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 1183111088_Abstrak.pdf] Text
1183111088_Abstrak.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1183111088_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183111088_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1183111088_Daftar_Isi.pdf] Text
1183111088_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1183111088_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183111088_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1183111088_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183111088_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1183111088_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183111088_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1183111088_BAB_I.pdf] Text
1183111088_BAB_I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 1183111088_BAB_V.pdf] Text
1183111088_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1183111088_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183111088_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Pembelajaran membaca di kelas rendah merupakan hal yang harus di kuasai
siswa. Oleh karena itu siswa harus mampu membaca agar dapat memahami
pemebelajaran yang diberikan oleh guru. Namun masih banyak siswa yang belum
menguasai membaca permulaan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah
menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada siswa
kelas II SD Muhammadiyah Sambirejo, menganalisis indikator membaca
permulaan pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Sambirejo, serta menganalisis
dan mendeskripsikan faktor penghaambat membaca permulaan pada siswa kelas II
SD Muhammadiyah Sambirejo Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan subjek
penelitian 20 orang siswa serta guru kelas II SD Muhammadiyah Sambirejo
Tahun Ajaran 2023/2024.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif
yaitu berupa data-data yang tertulis maupun lisan dan perilaku yang di amati saat
penelitian. Penelitian ini menggunakan wawancara siswa sebagai data primer
dengan pengambilan data melalui focus group discussion kepada 20 orang siswa
kelas II SD Muhammadiyah Sambirejo Tahun Ajaran 2023/2024. Peneliti
melakukan observasi, wawancara kepada guru kelas II SD Muhammadiyah
Sambirejo Tahun Ajaran 2023/2024, serta melakukan studi dokumentasi sebagai
data sekunder. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah
menganalisis faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas II SD
Muhammadiyah Sambirejo. Didapatkan faktor yang menghambat paling besar
yaitu faktor fisiologis diikuti dengan faktor intelektual, psikolgis, dan faktor
lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, Faktor Penghambat, Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2025 03:12
Last Modified: 28 May 2025 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61411

Actions (login required)

View Item
View Item