Maria, Devi (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD TAMAN SISWA BANGUN SARI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1123311018 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02. NIM 1123311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
03. NIM 1123311018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. NIM 1123311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
05. NIM 1123311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
06. NIM 1123311018 TABLES.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
07. NIM 1123311018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
08. NIM 1123311018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
09. NIM 1123311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
013 NIM 1123311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
014. NIM 1123311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Tokoh-Tokoh Persiapan Kemerdekaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi Tokoh-Tokooh Persiapan Kemerdekaan dengan menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan sikluus II dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelakasanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Taman Siswa Bangun Sari dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah test dan observasi.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakannya sebuah tindakan. Hasil perolehan pada saat test awal, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 46,5 dari 20 siswa, dimana 4 siswa (20%) memperoleh ketuntasan dan 16 siswa (80%) yang belum tuntas. Pada siklus I, rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 59,5 dimana 9 siswa (45%) memperoleh ketuntasan, 11 siswa juga (55%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa adalah 80,35% dengan kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata kelas siswa lebih meningkat dibandingkan siklus I yaitu 80,5 dimana 17 siswa (85%) memperoleh ketuntasan, 3 siswa (15%) yang belum tuntas dan observasi aktivitas siswa juga lebih meningkat menjadi 91,07 dengan kategori penilaian baik sekali secara klasikal.
Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 053 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran;Materi Pelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 02:09 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6140 |