Tobing, Putri Septia Gesima (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDIFERENSIASI DALAM MATERI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK SISWA SMP BANGUN INSAN MANDIRI MEDAN TP 2023/2024. Masters thesis, UNIMED.
8206192009_Cover.pdf
Download (63kB)
8206192009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8206192009_Kata_Pengantar.pdf
Download (929kB)
8206192009_Abstrak.pdf
Download (175kB)
8206192009_Daftar_Isi.pdf
Download (167kB)
8206192009_Daftar_Tabel.pdf
Download (84kB)
8206192009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
8206192009_Daftar_Gambar.pdf
Download (73kB)
8206192009_BAB_I.pdf
Download (322kB)
8206192009_BAB_V.pdf
Download (146kB)
8206192009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (272kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengamati proses pengembangan bahan ajar
berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan aplikasi Canva untuk siswa SMP
Bangun Insan Mandiri di Medan, (2) mengevaluasi kelayakan bahan ajar berdiferensiasi
dalam materi teks eksplanasi dengan aplikasi Canva untuk siswa SMP Bangun Insan
Mandiri di Medan, (3) mengukur keefektifan bahan ajar berdiferensiasi dalam materi teks
eksplanasi dengan menggunakan aplikasi Canva untuk siswa SMP Bangun Insan Mandiri
di Medan. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan data yang diperoleh
melalui penyebaran kuesioner dan tes berbentuk uraian mengenai teks eksplanasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan bahan ajar melalui 10 tahapan, mulai dari
identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji
coba awal produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, hingga produksi masal.
(2) kelayakan bahan ajar dinilai dari validasi materi dan desain. Aspek materi mencakup
kelayakan isi/materi, penyajian, bahasa, dan kesesuaian tema teks eksplanasi dengan Canva
yang rata-rata nilainya mencapai 93,18% yang tergolong "sangat baik". Sedangkan untuk
aspek desain, mencapai 99,07% yang tergolong "sangat baik". Berdasarkan penilaian dari
guru bahasa Indonesia, rata-rata nilai mencapai 98,52% yang tergolong "sangat baik". Uji
perorangan memperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 98,46% yang tergolong "sangat
baik". Uji kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 98,48% yang
tergolong "sangat baik". Terakhir, uji lapangan terbatas menunjukkan rata-rata persentase
nilai sebesar 95,96% yang tergolong "sangat baik". Berdasarkan seluruh data, bahan ajar
berdiferensiasi dalam materi teks eksplanasi dengan menggunakan aplikasi Canva dinilai
efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | Berdiferensiasi, Canva, Teks Eksplanasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Indonesia - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 18 Mar 2025 06:57 |
| Last Modified: | 18 Mar 2025 06:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61392 |
