Bangun, Patriot Zephyrinus (2016) MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA DALAM MENJAGA SARANA PRASARANA SEKOLAH DENGAN MENERAPKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BARUS JAHE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113151027 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 1113151027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1113151027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 1113151027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
5. NIM. 1113151027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 1113151027 DAFTAR-TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 1113151027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1113151027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1113151027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM. 1113151027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1113151027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kepedulian siswa dalam menjaga sarana prasarana sekolah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Barus Jahe Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kepedulian dalam menjaga sarana prasarana sekolah pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri I Barus Jahe Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling dengan pelaksanaan penelitian 2 siklus ( siklus I dan siklus II). Subjek dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dari siswa kelas XI IPS-1 yang berjumlah 10 orang siswa di SMA Negeri 1 Barus Jahe tahun ajaran 2015/2016. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket kepedulian terhadap sarana prasarana sebanyak 27 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepedulian siswa dalam menjaga sarana prasarana sekolah dengan teknik diskusi pada siswa kelas XI IPS Negeri I Barus Jahe Tahun Ajaran 2015/2016. Dari hasil analisis diperoleh data dari Pra siklus kepedulian siswa rata-rata = 0,8 termasuk kategori rendah, dan setelah diberi layanan Bimbingan Kelompok pada siklus I kepedulian siswa terhadap sarana prasarana naik menjadi 25% masuk dalam kategori sedang, setelah kembali diberi layanan bimbingan kelompok di siklus II perubahan yang memuaskan dapat dilihat di hasil nya menjadi 87,5% masuk kedalam kategori baik. Sehingga Hipotesis yang diajukan yang berbunyi “Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok teknis diskusi dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap sarana dan prasarana sekolah dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Barus Jahe tahun ajaran 2015/2016” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 027 |
Keywords: | Pengertian Peduali; Sarana Prasarana; Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 01:34 |
Last Modified: | 19 Jul 2016 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6139 |