PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) DAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD SWASTA AL-ULUM MEDAN

HANDAYANI, SUCI SRI (2024) PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) DAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD SWASTA AL-ULUM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111064_Cover.pdf] Text
1203111064_Cover.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 1203111064_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111064_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111064_Abstrak.pdf] Text
1203111064_Abstrak.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 1203111064_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111064_Kata_Pengantar.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 1203111064_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111064_Daftar_Isi.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1203111064_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111064_Daftar_Gambar.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1203111064_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111064_Daftar_Tabel.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203111064_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111064_Daftar_Lampiran.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1203111064_BAB_I.pdf] Text
1203111064_BAB_I.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 1203111064_BAB_V.pdf] Text
1203111064_BAB_V.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 1203111064_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111064_Daftar_Pustaka.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy dan visualization auditory kinesthetic untuk mengetahui adakah pengaruh yang lebih tinggi dari model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) dan Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV materi bagaimana wujud benda berubah di SD Swasta Al-Ulum Medan T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian ini sebanyak 49 siswa dengan 26 siswa dari kelas IV-A dan 23 siswa dari kelas IV-C. kelas IV-A ialah kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy dan kelas IV-C sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic. Teknik pengumpulan data pada pada penelitian ini berupa tes. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen �1 adalah 32,05 dan nilai rata-rata posttest sebesar 66,67 sedangkan pada kelas eksperimen �2 nilai pretest 37,25 dan rata-rata nilai posttest sebesar 77,39. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy dan visualization auditory kinesthetic berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa. Berdasarkan hasil uji t-test, di dapat hasil nilai �ℎ����� > ������ (2,554 > 0,288). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS siswa menggunakan model pembelajaran visualization auditory kinesthetic lebih tinggi atau lebih unggul dari pada menggunakan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy pada kelas IV SD Swasta Al-Ulum Medan T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Somatic Auditory Visualization Intellectualy, Visualization Auditory Kinesthetic, Hasil Belajar, IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 11 Jun 2025 08:47
Last Modified: 11 Jun 2025 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61358

Actions (login required)

View Item
View Item