Saragih, Vera Yulina (2024) KENDALA DAN UPAYA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 3192431004_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Cover.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of 3192431004_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3192431004_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Abstrak.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 3192431004_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Kata_Pengantar.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 3192431004_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 3192431004_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Daftar_Gambar.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 3192431004_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Daftar_Tabel.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 3192431004_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 3192431004_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_BAB_I.pdf
Download (429kB)
![[thumbnail of 3192431004_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (987kB)
![[thumbnail of 3192431004_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (481kB)
![[thumbnail of 3192431004_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3192431004_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3192431004_BAB_VI.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
![[thumbnail of 3192431004_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (274kB)
![[thumbnail of 3192431004_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3192431004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kendala guru geografi dalam penerapan Kurikulum Merdeka dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran geografi di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan, (2). upaya yang dilakukan guru geografi dalam mengatasi kendala yang terdapat dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran geografi di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun 2023. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru geografi di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 2 guru. Sampel ditetapkan adalah 2 guru geografi dengan menggunakan Tekhnik Total Sampling. Tekhnik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara kemudian data dianalisis dengan menggunakan tekhnik deskriptif kualitatif dan perolehan skor akhir untuk mencari pengklasifikasian kelas maka diperoleh data tambahan dengan menggunakan rumus sturgess.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil wawancara dan observasi dengan menggunakan lembar IPKG 1 dan lembar Supervisi Kurikulum Merdeka bahwa terdapat kendala pada penerapannya dari segi aspek perencanaan yaitu kurang cakapnya guru dalam merancang modul ajar baik dalam komponen tujuan pembelajaran, komponen materi pembelajaran, komponen sumber belajar, komponen media pembelajaran maupun komponen strategi pembelajaran. Berdasarkan aspek pelaksanaan masih terdapat kendala guru dalam menerapkan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Dalam aspek evaluasi guru juga mengalami kendala dalam merancang evaluasi pembelajaran berdasarkan refleksi guru, guru geografi juga masih kurang terampil dalam merancang rubrik penilaian sikap yang disesuaikan dengan LKPD. (2). Upaya yang dilakukan adalah guru adalah mau belajar dan menyesuaikan kemampuan dengan perkembangan zaman, guru juga diharapkan lebih inovatif serta kreatif dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Guru juga diharapkan dapat memilih metode dan strategi pembelajaran yang tepat agar tidak monoton. Sehubungan dengan segala upaya yang sajikan guru juga perlu mengaktualisasikan empat kompetensi guru seperti kepribadian, pedagogik, sosial dan profesional. Upaya selanjutnya adalah guru mengikuti berbagai macam webinar, pelatihan, mengikuti MGMP dan supervisi demi meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kurikulum Merdeka, Kendala, Upaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:06 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61357 |