SEMBIRING, SRIWINDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 107407 RIMOMUNGKUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Cover.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 1203311002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (910kB)
![[thumbnail of 1203311002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Abstrak.pdf
Download (389kB)
![[thumbnail of 1203311002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Kata_Pengantar.pdf
Download (577kB)
![[thumbnail of 1203311002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Daftar_Isi.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 1203311002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Daftar_Gambar.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of 1203311002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Daftar_Tabel.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 1203311002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (204kB)
![[thumbnail of 1203311002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_BAB_I.pdf
Download (541kB)
![[thumbnail of 1203311002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_BAB_V.pdf
Download (384kB)
![[thumbnail of 1203311002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (544kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang akan digunakan
dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana kelayakan,
kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Scrapbook pada pembelajaran
Bahasa Indonesia kelas IV SDN 107407 Rimomungkur. Jenis Penelitian yang
digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Reseach and Development
(R&D) menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu tahap
pertama analisis (analysis), tahap desain (design), tahap ketiga pengembangan
(development), tahap keempat implementasi (implementation), dan tahap kelima
evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
107407 Rimomungkur. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, angket validasi materi, angket validasi desain media,
angket praktikalitas pendidikan dan soal tes.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Scrapbook pada
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 107407 Rimomungkur, pada
validasi materi memperoleh skor 53 dengan nilai presentase 96,3% masuk dalam
kategori “Sangat Valid” sedangkan ahli desain media memperoleh skor 74 dengan
nilai presentase 98,6% masuk dalam kategori “Sangat Valid” sehingga media
layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pada uji kepraktisan diperoleh
dari tanggapan guru melalui angket yang diberikan mendapatkan skor 58 dengan
nilai presentase 96,6% kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan uji keefektifan
yang diperoleh sebelum menggunakan media pembelajaran Scrapbook
mendapatkan nilai rata-rata 29,3% dengan kategori “tidak efektif” dan setelah
menggunakan media pembelajaran Scrapbook nilai rata-rata yang diperoleh siswa
meningkat menjadi 74,1 kategori “efektif” dan nilai yang diperoleh siswa diatas
KKM antara 70-90 setelah menggunakan media pembelajaran Scrapbook.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media, Pembelajaran, Scrapbook, Bahas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:47 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61356 |