PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMKN 7 MEDAN

SIMORANGKIR, MAISSY KURNIATI (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMKN 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7203142002_Cover.pdf] Text
7203142002_Cover.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 7203142002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7203142002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7203142002_Abstrak.pdf] Text
7203142002_Abstrak.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of 7203142002_Daftar_Isi.pdf] Text
7203142002_Daftar_Isi.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of 7203142002_Daftar_Gambar.pdf] Text
7203142002_Daftar_Gambar.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 7203142002_Daftar_Tabel.pdf] Text
7203142002_Daftar_Tabel.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of 7203142002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7203142002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 7203142002_BAB_I.pdf] Text
7203142002_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7203142002_BAB_V.pdf] Text
7203142002_BAB_V.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of 7203142002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7203142002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar yang kurang baik
pada siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMKN 7 Medan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar
siswa Jurusan Akuntansi SMKN 7 Medan, untuk mengetahui pengaruh efikasi diri
terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMKN 7 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 7 Medan. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMKN 7 Medan yang
berjumlah 193 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random
sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 130 responden. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square)
melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa
kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma,
PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan pvalue dengan
uji signifikansi lebih kecil dari 0,05.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan
indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Dari data perhitungan, untuk hipotesis
motivasi belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh p-value
lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti hipotesis diterima
sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap
kemandirian belajar siswa. Kemudian untuk hipotesis efikasi diri berpengaruh
terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh p-value lebih kecil dari taraf
signifikansi 0,05 (0,000< 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Kemandirian Belaj
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 18 Mar 2025 04:14
Last Modified: 20 Mar 2025 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61353

Actions (login required)

View Item
View Item