PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV DI SDN 101777 SAENTIS

HARAHAP, SORAYA NATAMA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV DI SDN 101777 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111153_Cover.pdf] Text
1203111153_Cover.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1203111153_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111153_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of 1203111153_Abstrak.pdf] Text
1203111153_Abstrak.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 1203111153_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111153_Kata_Pengantar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1203111153_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111153_Daftar_Isi.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1203111153_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111153_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1203111153_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111153_Daftar_Tabel.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1203111153_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111153_Daftar_Lampiran.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 1203111153_BAB_I.pdf] Text
1203111153_BAB_I.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 1203111153_BAB_V.pdf] Text
1203111153_BAB_V.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 1203111153_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111153_Daftar_Pustaka.pdf

Download (496kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan (validitas), kegunaan
(praktikalitas), dan keefektifan (efektivitas) dari E-Modul yang dikembangkan.
Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDN 101777 Saentis yang terdiri dari 18 siswa. Instrumen
yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket, dan
soal tes berupa pre-test dan post-test. Berdasarkan dari hasil evaluasi ditemukan
adanya peningkatan hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar pada pre-test
yaitu 51,6 sedangkan nilai rata-rata pada hasil post-test siswa mendapatkan 86,3.
Pembelajaran dengan menggunakan e-modul interaktif berbasis profil pelajar
pancasila pada materi mengubah bentuk energi efektif digunakan. Hal ini terbukti
dengan rata-rata skor N-gain diperoleh interval sebesar 0,7 dengan kategori
“Tinggi”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Pelajaran IPAS, Pengembangan E-Modul, Profil Pelajar Pancasila.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:13
Last Modified: 12 Jun 2025 02:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61350

Actions (login required)

View Item
View Item