HARAHAP, SORAYA NATAMA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV DI SDN 101777 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111153_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111153_Cover.pdf
Download (190kB)
1203111153_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (888kB)
1203111153_Abstrak.pdf
Download (353kB)
1203111153_Kata_Pengantar.pdf
Download (231kB)
1203111153_Daftar_Isi.pdf
Download (269kB)
1203111153_Daftar_Tabel.pdf
Download (238kB)
1203111153_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
1203111153_Daftar_Lampiran.pdf
Download (42kB)
1203111153_BAB_I.pdf
Download (578kB)
1203111153_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111153_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111153_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111153_BAB_V.pdf
Download (355kB)
1203111153_Daftar_Pustaka.pdf
Download (496kB)
1203111153_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan (validitas), kegunaan
(praktikalitas), dan keefektifan (efektivitas) dari E-Modul yang dikembangkan.
Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDN 101777 Saentis yang terdiri dari 18 siswa. Instrumen
yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket, dan
soal tes berupa pre-test dan post-test. Berdasarkan dari hasil evaluasi ditemukan
adanya peningkatan hasil belajar siswa, dimana rata-rata hasil belajar pada pre-test
yaitu 51,6 sedangkan nilai rata-rata pada hasil post-test siswa mendapatkan 86,3.
Pembelajaran dengan menggunakan e-modul interaktif berbasis profil pelajar
pancasila pada materi mengubah bentuk energi efektif digunakan. Hal ini terbukti
dengan rata-rata skor N-gain diperoleh interval sebesar 0,7 dengan kategori
“Tinggi”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penelitian dan Pengembangan, Pelajaran IPAS, Pengembangan E-Modul, Profil Pelajar Pancasila. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:13 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 08:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61350 |
