PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS II SD NEGERI 066053 MEDAN DENAI T.A 2023/2024

TOBING, SONTIOKA IYOLANDA MARGARETHA LUMBAN (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS II SD NEGERI 066053 MEDAN DENAI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311012_Cover.pdf] Text
1203311012_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1203311012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of 1203311012_Abstrak.pdf] Text
1203311012_Abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1203311012_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311012_Kata_Pengantar.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1203311012_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311012_Daftar_Isi.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1203311012_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311012_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1203311012_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311012_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1203311012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 1203311012_BAB_I.pdf] Text
1203311012_BAB_I.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 1203311012_BAB_V.pdf] Text
1203311012_BAB_V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1203311012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa Kelas II SD Negeri 066053 Medan Denai T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 066053 Medan Denai yang berjumlah 38 siswa. Sampel penelitiannya adalah kelas II-A yang berjumlah 19 siswa pada kelas eksperimen dan kelas II-B yang berjumlah 16 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik uji-t (t-test) dengan menggunakan SPPS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa menggunakan pembelajaran media flashcards lebih tinggi dibandingkan pemahaman kosa kata bahasa Inggris yang menggunakan media pembelajaran konvensional berbasis buku cetak. Secara statistik hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 78,15 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 72,18. Dengan demikian perbandingan rata-rata hasil belajar siswa yang berbeda adalah 78,15 > 72,19. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,041 < 0,05 artinya Hɑ diterima dan �0 ditolak. Jadi disimpulkan penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap pemahaman kosakata bahasa Inggris kelas II SD Negeri 066053 Medan Denai T.A 2023/2024. Dengan demikian, media flashcard ini dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada tingkat Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Media Flashcard, Pemahaman Kosakata. Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:18
Last Modified: 12 Jun 2025 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61348

Actions (login required)

View Item
View Item