HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 101831 BINTANG MERIAH TA.2023/2024

APRIYANTI, SEKAR (2024) HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 101831 BINTANG MERIAH TA.2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111108_Cover.pdf] Text
1203111108_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 1203111108_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111108_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of 1203111108_Abstrak.pdf] Text
1203111108_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203111108_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111108_Kata_Pengantar.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1203111108_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111108_Daftar_Isi.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1203111108_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111108_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203111108_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111108_Daftar_Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1203111108_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111108_Daftar_Lampiran.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1203111108_BAB_I.pdf] Text
1203111108_BAB_I.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 1203111108_BAB_V.pdf] Text
1203111108_BAB_V.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 1203111108_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111108_Daftar_Pustaka.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui adakah hubungan penerapan kurikulum merdeka dengan motivasi belajar siswa SDN 101831 Bintang Meriah TA. 2023/2024. Adapun hipotesis yang diduga adalah ada hubungan yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka dengan motivasi belajar siswa SDN 101831 Bintang Meriah TA. 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan melihat hubungan antara variabel X (Penerapan Kurikulum Merdeka) dengan variabel Y (Motivasi Belajar). Populasi penelitian terdiri dari kelas I, II, IV, dan V. Sampel Penelitian berjumlah sebanyak 40 siswa Kelas IV dan V yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket yang telah divalidkan oleh validator ahli, serta validasi langsung oleh siswa, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil perhitungan menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,979 dengan r tabel, N-2=38 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,312. Dari kedua nilai tersebut dapat diketahui bahwa r hitung > r tabel, dalam hal ini terdapat hubungan yang positif antara penerapan kurikulum merdeka dengan motivasi belajar. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan t hitung sebesar 29,406 sedangkan t tabel dengan taraf signifikansi sebesar 5%, dk= n-2 =38 sebesar 2,02439. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu ada hubungan yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka dengan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penerapan Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:35
Last Modified: 12 Jun 2025 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61329

Actions (login required)

View Item
View Item