PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 KELAS III SD NEGERI 173194 BATUMANUMPAK, KECAMATAN PANGARIBUAN T.A 2023/2024

NAINGGOLAN, SAUDUR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 KELAS III SD NEGERI 173194 BATUMANUMPAK, KECAMATAN PANGARIBUAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111073_Cover.pdf] Text
1203111073_Cover.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1203111073_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111073_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 1203111073_Abstrak.pdf] Text
1203111073_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 1203111073_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111073_Kata_Pengantar.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 1203111073_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111073_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 1203111073_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111073_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1203111073_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111073_Daftar_Tabel.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 1203111073_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111073_Daftar_Lampiran.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1203111073_BAB_I.pdf] Text
1203111073_BAB_I.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 1203111073_BAB_V.pdf] Text
1203111073_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1203111073_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111073_Daftar_Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Team Games Tournament pada pembelajaran tema 6 dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 173194 Batumanumpak. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 173194 Batumanumpak pada semester genap T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen dan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelompok sampel yaitu kelas III sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Team Games Tournament memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 yang ditunujukkan melalui hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Team Games Tournament, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:34
Last Modified: 12 Jun 2025 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61327

Actions (login required)

View Item
View Item