ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT TEORI KASTOLAN PADA MATERI PECAHAN DI SD KELAS V T.A 2023/2024

HALAWA, SATRIO (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT TEORI KASTOLAN PADA MATERI PECAHAN DI SD KELAS V T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111101_Cover.pdf] Text
1203111101_Cover.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1203111101_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111101_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (894kB)
[thumbnail of 1203111101_Abstrak.pdf] Text
1203111101_Abstrak.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1203111101_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111101_Kata_Pengantar.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 1203111101_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111101_Daftar_Isi.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1203111101_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111101_Daftar_Gambar.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203111101_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111101_Daftar_Tabel.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1203111101_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111101_Daftar_Lampiran.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 1203111101_BAB_I.pdf] Text
1203111101_BAB_I.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 1203111101_BAB_V.pdf] Text
1203111101_BAB_V.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 1203111101_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111101_Daftar_Pustaka.pdf

Download (413kB)

Abstract

Soal cerita matematika merupakan salah satu bentuk soal dalam kompetensi pemecahan masalah matematika yang kompleks. Oleh karena itu siswa sering kali melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita matematika. Kesalahan tersebut dapat berupa kesalahan penerapan konsep, alur pengerjaan yang tidak sistematis maupun kesalahan perhitungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pecahan dan faktor penyebabnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 104201 Kolam yang berjumlah 25 orang. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan Teori Kastolan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal cerita essay berjumlah 5 butir. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pengerjaan soal cerita pecahan siswa melakukan kesalahan konseptual sebesar 39,2%, kesalahan prosedural sebesar 58,4% dan kesalahan teknik sebesar 64%. Adapun kesalahan konseptual disebabkan oleh ketidakmampuan siswa untuk menyamakan penyebut menggunakan KPK pada operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, siswa tidak dapat mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Kesalahan prosedural disebabkan siswa yang tidak terbiasa dengan soal berbentuk cerita sehingga sulit menafsirkan setiap informasi dalam soal, siswa tidak bisa mengubah soal kedalam bahasa matematika. Sedangkan kesalahan teknik disebabkan oleh siswa belum sepenuhnya menguasai perkalian dan pembagian serta ketidaktelitian siswa dalam mengerjakan soal cerita pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesalahan siswa, Soal cerita, Teori kastolan, Pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:35
Last Modified: 12 Jun 2025 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61325

Actions (login required)

View Item
View Item