PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 058324 PUNGAI T.A 2023/2024

SURBAKTI, SANIA MICALANY BR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 058324 PUNGAI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111053_Cover.pdf] Text
1203111053_Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 1203111053_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111053_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111053_Abstrak.pdf] Text
1203111053_Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1203111053_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111053_Kata_Pengantar.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1203111053_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111053_Daftar_Isi.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 1203111053_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111053_Daftar_Gambar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1203111053_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111053_Daftar_Tabel.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1203111053_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111053_Daftar_Lampiran.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1203111053_BAB_I.pdf] Text
1203111053_BAB_I.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 1203111053_BAB_V.pdf] Text
1203111053_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203111053_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111053_Daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis Canva yang layak, praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis media pembelajaran yang dihasilkan yaitu media audio visual berupa vidio pembelajaran yang dirancang menggunakan aplikasi Canva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data Kuantitatif di peroleh melalui hasil validasi ahli materi, ahli media, respon praktisi dan hasil belajar prestest posttest siswa kelas IV-B SDN 058324 Pungai. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan guru serta masukan dan saran melalui angket para validator. Penilaian Media audio visual berbasis canva pada penelitian ini dinyatakan 82,67% “sangat layak” dan penilaian kelayakan materi sebesar 85,33% juga “sangat layak” digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian kepraktisan media oleh guru 92% praktis digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan media diperoleh berdasarkan hasil pretest dan posttest. Hasil pretest sebesar 55,5% meningkat menjadi 90,6% pada postest yang kemudian dianalisis menggunakan N-gain dan memproleh hasil skor sebesar 78% dengan kategori “efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio visual layak, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan disarankan agar guru dapat menggunakan media audio visual berbasis canva pada saat proses pembelajaran Bahasa Inggris berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan media, Vidio Pembelajaran, Canva
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:56
Last Modified: 12 Jun 2025 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61315

Actions (login required)

View Item
View Item