PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMKN 1 MEDAN T.A 2023/2024

SIAHAAN, HADJI (2024) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMKN 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7173344021_Cover.pdf] Text
7173344021_Cover.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 7173344021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7173344021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7173344021_Abstrak.pdf] Text
7173344021_Abstrak.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of 7173344021_Kata_Pengantar.pdf] Text
7173344021_Kata_Pengantar.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of 7173344021_Daftar_Isi.pdf] Text
7173344021_Daftar_Isi.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of 7173344021_Daftar_Gambar.pdf] Text
7173344021_Daftar_Gambar.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 7173344021_Daftar_Tabel.pdf] Text
7173344021_Daftar_Tabel.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 7173344021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7173344021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 7173344021_BAB_I.pdf] Text
7173344021_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7173344021_BAB_V.pdf] Text
7173344021_BAB_V.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of 7173344021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7173344021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (947kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan
Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan
Prasarana Di SMKN 1 Medan T.A 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa, hasil uji t (parsial) Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber
Belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar peserta
didik (Y) dengan memperoleh nilai thitung > ttabel (3,181 > 1,673), serta nilai
signifikansi < 0,05 (0,013 < 0,05). Kemudian Kemandirian Belajar (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan perolehan
nilai thitung > ttabel (2,369 > 1,673), serta nilai signifikansi < 0,05 (0,021 < 0,05).
Untuk hasil uji f (Simultan) mendapatkan hasil bahwa FHitung > FTabel yaitu (3,340
> 3,16). Dengan perolehan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar R2 = 0,408
atau 40,8% variabel X mempengaruhi variabel Y. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber
Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada
Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan Prasarana Di SMKN 1
Medan T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Internet Sebagai Sumber Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:50
Last Modified: 18 Mar 2025 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61314

Actions (login required)

View Item
View Item