PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNIT 11 SUBUNIT 1 KELAS IV SDN 106814 TEMBUNG T.A 2023/2024

SURBAKTI, SALSALINA BR (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNIT 11 SUBUNIT 1 KELAS IV SDN 106814 TEMBUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111031_Cover.pdf] Text
1203111031_Cover.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203111031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111031_Abstrak.pdf] Text
1203111031_Abstrak.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 1203111031_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111031_Kata_Pengantar.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of 1203111031_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111031_Daftar_Isi.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 1203111031_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111031_Daftar_Gambar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1203111031_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111031_Daftar_Tabel.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1203111031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1203111031_BAB_I.pdf] Text
1203111031_BAB_I.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 1203111031_BAB_V.pdf] Text
1203111031_BAB_V.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 1203111031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Unit 11 Subunit 1 kelas IV SDN 106814 Tembung T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan design (non-equivalent Control Group). Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVB yang berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IVC yang berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen di SDN 106814 Tembung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis instrumen tes yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat diketahui nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 43,86 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 57,27 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 45,68 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,00. Peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 30,57% sedangkan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 75,13%. Dapat disimpulkan bahwa (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 106814 Tembung T.A 2023/2024 pada mata pelajaran matematika Unit 11 Subunit 1 pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) diperoleh hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Unit 11 Subunit 1 kelas IV SDN 106814 Tembung T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Solving, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:58
Last Modified: 12 Jun 2025 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61310

Actions (login required)

View Item
View Item