ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X MENGGUNAKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN KOTA

Tanjung, Putra Laksmana (2024) ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X MENGGUNAKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3202131003_Cover.pdf] Text
3202131003_Cover.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 3202131003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3202131003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 3202131003_Abstrak.pdf] Text
3202131003_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 3202131003_Kata_Pengantar.pdf] Text
3202131003_Kata_Pengantar.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 3202131003_Daftar_Gambar.pdf] Text
3202131003_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 3202131003_Daftar_Isi.pdf] Text
3202131003_Daftar_Isi.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 3202131003_Daftar_Tabel.pdf] Text
3202131003_Daftar_Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 3202131003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3202131003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 3202131003_BAB_I.pdf] Text
3202131003_BAB_I.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 3202131003_BAB_II.pdf] Text
3202131003_BAB_II.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of 3202131003_BAB_III.pdf] Text
3202131003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of 3202131003_BAB_IV.pdf] Text
3202131003_BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3202131003_BAB_V.pdf] Text
3202131003_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3202131003_BAB_VI.pdf] Text
3202131003_BAB_VI.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 3202131003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3202131003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 3202131003_Lampiran.pdf] Text
3202131003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Permasalahan yang dihadapi guru dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran geografi kelas X dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri Se-Kecamatan Medan Kota, (2) Upaya yang dilakukan guru geografi dalam mengatasi permasalahan yang terdapat dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran geografi kelas X dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi Pembelajaran di SMA Negeri Se-Kecamatan Medan Kota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru geografi di SMA Negeri Se-Kecamatan Medan Kota yang berjumlah 5 guru, sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan opulasi (total sampling) yaitu jumlah guru mata Pelajaran geografi di lokasi penelitian dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kendala guru dalam penerapan kurikulum merdeka yaitu pada perencanaan proses pembelajaran guru mengalami permasalahan dalam hal memahami capaian pembelajaran (CP), merumuskan tujuan pembelajaran (TP), dan menyusun modul ajar yang berkaitan dengan menentukan integrasi Profil Pelajar Pancasila, penyesuaian sarana dan prasarana, memilih model pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, maupun menentukan sumber belajar. Berdasarkan aspek pelaksanaan proses pembelajaran guru mengalami permasalahan dalam menerapkan kegiatan pendahuluan, inti dan kegiatan penutup. Pada evaluasi pembelajaran guru mengalami permasalahan dalam melaksanakan evaluasi formatif berupa memberikan kuis, kendala dalam merancang evaluasi pembelajaran berdasarkan refleksi guru, serta melaksanakan evaluasi sumatif berupa non tes dengan teknik penugasan presentasi dan melaksanakan evaluasi sumatif berupa tes dengan teknik penugasan tes tulis. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan meningkatkan kompetensi diri agar mampu beradaptasi dengan kurikulum merdeka, menggunakan teknologi informasi secara bijak untuk menemukan sumber belajar dan metode pembelajaran terkini. Selain itu, guru ikut serta dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan sebagai forum diskusi, guru juga mengikuti platform merdeka belajar, serta membentuk komunitas belajar guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kurikulum Merdeka, Permasalahan, Upaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:22
Last Modified: 25 Jun 2025 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61301

Actions (login required)

View Item
View Item