HUTAURUK, RUTH MAGDALENA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 060858 MEDAN TEMBUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111151_Cover.pdf
Download (205kB)
1203111151_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (915kB)
1203111151_Abstrak.pdf
Download (288kB)
1203111151_Kata_Pengantar.pdf
Download (270kB)
1203111151_Daftar_Isi.pdf
Download (246kB)
1203111151_Daftar_Tabel.pdf
Download (157kB)
1203111151_Daftar_Gambar.pdf
Download (199kB)
1203111151_Daftar_Lampiran.pdf
Download (200kB)
1203111151_BAB_I.pdf
Download (370kB)
1203111151_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (884kB)
1203111151_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (954kB)
1203111151_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111151_BAB_V.pdf
Download (288kB)
1203111151_Daftar_Pustaka.pdf
Download (292kB)
1203111151_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji kelayakan
pada E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatih keterampilan berpikir kritis
siswa pada materi Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi kelas IV SD. Penelitian
ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan; Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan
di SDN 060858 Medan Tembung Tahun Ajaran 2023/2024 semester ganjil. Subjek
penelitian pada uji coba kelompok kecil 10 peserta didik sedangkan uji coba
lapangan berjumlah 20 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan lembar
observasi, lembar wawancara, angket, dan instrumen soal. Teknik analisis yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa E-LKPD berbasis literasi sains pada materi Tumbuhan, sumber kehidupan
di bumi tergolong sangat valid dengan persentase kelayakan sebesar 84% oleh
validator media dan materi, serta E-LKPD tergolong kategori sangat praktis dengan
persentase senilai 95% oleh ahli praktisi, dan untuk keefisienan E-LKPD masuk
dalam kategori sangat efesien dengan persentase senilai 88,5%. Dengan demikian,
E-LKPD berbasis literasi sains yang dikembangkan telah layak untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis secara detail, melainkan angka tersebut
dinarasikan sehingga pembaca lebih mudah memahami maksudnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-LKPD, Literasi sains, Berpikir kritis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:30 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61292 |
