Naibaho, Lita Kristina (2016) PENGARUH PEMBERIAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA ANTAR SISWA KELAS VIII DI SMP IMMANUEL MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1114351003 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM 1114351003 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM 1114351003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 1114351003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 1114351003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM1114351003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 1114351003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
8. NIM 1114351003 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
12. NIM 111451003 BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
13. NIM 1114351003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok teknik sosiodrama berpengaruh terhadap kemampuan bekerjasama antar siswa SMP Immanuel Medan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama antar siswa SMP Immanuel Medan.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test dan post test. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Immanuel Medan yang berjumlah 10 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kerjasama antar siswa sebanyak 23 butir item (valid) yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel.
Dari hasil analisis diperoleh data pre- test dengan nilai rata- rata 50,3 sedangkan nilai rata- rata post- test 78,3. Teknik uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon yang memperoleh hasil Jhitung sedangkan harga Jtabel, maka terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap meningkatkan kerjasama antar siswa siswa SMP Immanuel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap kemapuan bekerjasama antar siswa kelas VIII SMP Immanuel Medan. Hal ini teruji dengan menggunakan uji tanda wilcoxon tabel Jhitung (0) < Jtabel (4) sehingga H0 nya ditolak, ini berarti bahwa kemampuan bekerjasama antar siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama tidaklah sama. Dalam hal ini siswa yang mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 016 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama; Kerjasama Antar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 02:40 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6126 |