PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI

Habeahan, Ruth Angelina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311038_Cover.pdf] Text
1203311038_Cover.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1203311038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311038_Abstrak.pdf] Text
1203311038_Abstrak.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1203311038_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311038_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311038_Daftar_Isi.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311038_Daftar_Gambar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311038_Daftar_Tabel.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311038_Daftar_Lampiran.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1203311038_BAB_I.pdf] Text
1203311038_BAB_I.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1203311038_BAB_V.pdf] Text
1203311038_BAB_V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran inquiry dapat mempengaruhi hasil belajar IPAS siswa pada materi bagaimana aku tumbuh besar di kelas V SDN 101775 Sampali. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu ( quasi experiment ) . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 101775 Sampali yang berjumlah 56 siswa yang tersebar pada dua kelas. Teknik Random Sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian ini, dengan 28 orang siswa di kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan 28 orang siswa kelas V-B sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data terlihat bahwa hasil belajar IPA siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran inquiry. Siswa pada kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata hasil belajar sebesar 65,71, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar sebesar 76,07. Dengan memanfaatkan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 dan �ℎ����� > ������ (2799 > 1706) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101775 Sampali. .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Pengaruh, Model Pembelajaran Inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:31
Last Modified: 12 Jun 2025 07:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61243

Actions (login required)

View Item
View Item