Habeahan, Ruth Angelina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311038_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Cover.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of 1203311038_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203311038_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Abstrak.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of 1203311038_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Kata_Pengantar.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 1203311038_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Daftar_Isi.pdf
Download (250kB)
![[thumbnail of 1203311038_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Daftar_Gambar.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 1203311038_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Daftar_Tabel.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of 1203311038_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of 1203311038_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_BAB_I.pdf
Download (279kB)
![[thumbnail of 1203311038_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_BAB_V.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 1203311038_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (265kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran inquiry dapat mempengaruhi hasil belajar IPAS siswa pada materi bagaimana aku tumbuh besar di kelas V SDN 101775 Sampali. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu ( quasi experiment ) . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 101775 Sampali yang berjumlah 56 siswa yang tersebar pada dua kelas. Teknik Random Sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian ini, dengan 28 orang siswa di kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan 28 orang siswa kelas V-B sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data terlihat bahwa hasil belajar IPA siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran inquiry. Siswa pada kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata hasil belajar sebesar 65,71, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar sebesar 76,07. Dengan memanfaatkan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 dan �ℎ����� > ������ (2799 > 1706) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101775 Sampali. .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Pengaruh, Model Pembelajaran Inquiry |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:31 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61243 |