Habeahan, Ruth Angelina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311038_Cover.pdf
Download (168kB)
1203311038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
1203311038_Abstrak.pdf
Download (266kB)
1203311038_Kata_Pengantar.pdf
Download (278kB)
1203311038_Daftar_Isi.pdf
Download (250kB)
1203311038_Daftar_Tabel.pdf
Download (131kB)
1203311038_Daftar_Gambar.pdf
Download (121kB)
1203311038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (136kB)
1203311038_BAB_I.pdf
Download (279kB)
1203311038_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (724kB)
1203311038_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (681kB)
1203311038_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (869kB)
1203311038_BAB_V.pdf
Download (142kB)
1203311038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (265kB)
1203311038_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran inquiry dapat mempengaruhi hasil belajar IPAS siswa pada materi bagaimana aku tumbuh besar di kelas V SDN 101775 Sampali. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu ( quasi experiment ) . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 101775 Sampali yang berjumlah 56 siswa yang tersebar pada dua kelas. Teknik Random Sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian ini, dengan 28 orang siswa di kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan 28 orang siswa kelas V-B sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data terlihat bahwa hasil belajar IPA siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran inquiry. Siswa pada kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata hasil belajar sebesar 65,71, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar sebesar 76,07. Dengan memanfaatkan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 dan �ℎ����� > ������ (2799 > 1706) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101775 Sampali. .
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Pengaruh, Model Pembelajaran Inquiry |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:31 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61243 |
