PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI

Habeahan, Ruth Angelina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311038_Cover.pdf] Text
1203311038_Cover.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1203311038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311038_Abstrak.pdf] Text
1203311038_Abstrak.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1203311038_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311038_Kata_Pengantar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311038_Daftar_Isi.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311038_Daftar_Tabel.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311038_Daftar_Gambar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311038_Daftar_Lampiran.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1203311038_BAB_I.pdf] Text
1203311038_BAB_I.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 1203311038_BAB_II.pdf] Text
1203311038_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[thumbnail of 1203311038_BAB_III.pdf] Text
1203311038_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[thumbnail of 1203311038_BAB_IV.pdf] Text
1203311038_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[thumbnail of 1203311038_BAB_V.pdf] Text
1203311038_BAB_V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1203311038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1203311038_Lampiran.pdf] Text
1203311038_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran inquiry dapat mempengaruhi hasil belajar IPAS siswa pada materi bagaimana aku tumbuh besar di kelas V SDN 101775 Sampali. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu ( quasi experiment ) . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 101775 Sampali yang berjumlah 56 siswa yang tersebar pada dua kelas. Teknik Random Sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian ini, dengan 28 orang siswa di kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan 28 orang siswa kelas V-B sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis data terlihat bahwa hasil belajar IPA siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran inquiry. Siswa pada kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata hasil belajar sebesar 65,71, sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar sebesar 76,07. Dengan memanfaatkan uji-t pada taraf signifikan α=0,05 dan �ℎ����� > ������ (2799 > 1706) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101775 Sampali. .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Pengaruh, Model Pembelajaran Inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:31
Last Modified: 20 Aug 2025 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61243

Actions (login required)

View Item
View Item