PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 0704 SUNGAI KORANG T.A 2024/2025

HASIBUAN, ROUDHOTUL JANNAH (2024) PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 0704 SUNGAI KORANG T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311021_Cover.pdf] Text
1203311021_Cover.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 1203311021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 1203311021_Abstrak.pdf] Text
1203311021_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1203311021_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311021_Kata_Pengantar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1203311021_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311021_Daftar_Isi.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1203311021_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311021_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1203311021_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311021_Daftar_Tabel.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1203311021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203311021_BAB_I.pdf] Text
1203311021_BAB_I.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 1203311021_BAB_V.pdf] Text
1203311021_BAB_V.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 1203311021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, yaitu metode pembelajaran belum bervariasi karena masih didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga menimbulkan rasa bosan atau jenuh pada siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS masih terhitung rendah dan belum mencapai nilai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan adanya metode pembelajaran Role Playing sebagai alternatif metode yang dapat mengaktifkan murid dan merangsang murid agar berani mengemukakan pendapat, memecahkan masalah, merangsang aktifitas dan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu bermain peran (Role Playing). Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas IV SDN 0704 Sungai Korang T.A 2024/2025 yang berjumlah 36 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Lembar obervasi siswa yang berbentuk kuesioner yang berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 65,24 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 75,53 dengan menggunakan metode Role Playing. Dilihat dari hasil output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,17. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas IV SDN 0704 Sungai Korang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Metode Role Playing, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:32
Last Modified: 12 Jun 2025 07:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61240

Actions (login required)

View Item
View Item