Zahra., Lulu’ Septiana (2016) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERSEPSI TENTANG BERPACARAN DI SMP NEGERI 3 SATU ATAP HALABAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1113151016 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 1113151016 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3. NIM 1113151016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 1113151016KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM 1113151016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 1113151016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 1113151016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 1113151016 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
12. NIM 1113151016 BAB V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM 1113151016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap persepsi tentang berpacaran pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Satu Atap Halaban Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap persepsi siswa tentang pacaran.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A yang terdiri dari 6 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui persepsi siswa tentang berpcaran yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap persepsi siswa tentang berpacaran kelas IX A SMP Negeri 3 Satu Atap Halaban Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=6, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama dengan Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,201 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, persepsi siswa tentang berpacaran berubah sesudah mengikuti bimbingan kelompok teknik diskusi pada kelas IX A SMP Negeri 3 Satu Atap Halaban T.A 2015/2016, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 022 |
Keywords: | Persepsi;Pacaran; Bimbingan Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 02:30 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6124 |