SINAGA, ROMAITO ABIGAIL (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LIVEWORKSHEET PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI HIDUP DAN BERTUMBUH DI KELAS V SDN 106161 LAUT DENDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311044_Cover.pdf
Download (42kB)
1203311044_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (385kB)
1203311044_Abstrak.pdf
Download (143kB)
1203311044_Kata_Pengantar.pdf
Download (205kB)
1203311044_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
1203311044_Daftar_Tabel.pdf
Download (56kB)
1203311044_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
1203311044_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
1203311044_BAB_I.pdf
Download (337kB)
1203311044_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (842kB)
1203311044_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (994kB)
1203311044_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311044_BAB_V.pdf
Download (118kB)
1203311044_Daftar_Pustaka.pdf
Download (185kB)
1203311044_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini berfokus untuk menganalisis bagaimana validitas pengembangan E-LKPD, mengetahui praktikalitas dan efektivitas pengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan liveworksheet pada pembelajaran IPAS materi Hidup dan Bertumbuh di kelas V SDN 106161 LAUT DENDANG. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran masih bersifat konvensional, kurangnya pemanfaatan teknologi oleh guru dalam pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, peserta didik masih belum bisa memecahkan suatu permsalahan soal secara mandiri, serta belum adanya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan liveworksheet di SDN 106161 Laut Dendang. Penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan objek penelitian ini adalah pengembangan E-LKPD berbasis PBL dengan bantuan liveworksheet. Hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh persentase 82% dengan kategori “Sangat Layak” dan validasi desain oleh ahli desain memperoleh persentase 83% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas pendidik oleh praktisi Pendidikan memperoleh persentase 96% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji efektivitas E-LKPD melalui pretest memperoleh rata-rata 48,97 dengan persentase ketuntasan 11,53% kategori “Tidak Efektif” sedangkan post-test memperoleh rata-rata 77,69 dengan persentase ketuntasan 76,92% kategori “Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahawa E-LKPD berbasis PBL berbantuan liveworksheet yang dikembangkan sudah layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, E-LKPD, PBL, Liveworksheet, IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 08:04 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 03:33 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61233 |
