Banjarnahor, Edi W (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLLUNG T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1113151010 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 1113151010 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM 1113151010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 1113151010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM 1113151010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM 1113151010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM 1113151010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8. NIM 1113151010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM 1113151010 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 1113151010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
16. NIM 1113151010 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar siswa kelas X SMA Negari 1 Pollung T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar siswa.
Subjek penelitian ini adalah 10 orang yang diambil dari 35 orang siswa kelas X-3 yang mempunyai konsentrasi belajar yang rendah, menyadari bahwa mereka mempunyai masalah konsentrasi belajar yang dilihat dari pre-test. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Pollung Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=5, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama dengan Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,8032 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, konsentrasi belajar siswa meningkat sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok pada kelas X-3 di SMA Negeri 1 Pollung T.A 2014/2015, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 011 |
Keywords: | Konsentrasi Belajar Siswa;Bimbingan Kelompok;Hakekat Disikusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 02:21 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6122 |